Cegah Bau Badan dengan Mengkonsumsi 8 Makanan Ini

Ilustrasi bau badan. shutterstock.com

kesehatan

Cegah Bau Badan dengan Mengkonsumsi 8 Makanan Ini

Selasa, 2 April 2019 15:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta -  Menurut penelitian Universitas California, setiap orang memiliki bau badannya sendiri yang ditentukan sebagian besar oleh genetik, kesehatan, kebersihan diri, dan tak ketinggalan pola makan.

Baca juga: Bakteri Menuntunmu kepada Kekasih, dari Bau Badan Sampai Ciuman

Makanan yang mengandung sulfur seperti, bawang putih, bawang merah, brokoli, kubis, dan bunga kol memiliki efek negatif pada produksi bau badan. Makanan-makanan ini mendorong bau badan yang tak sedap hingga 72 jam setelah mengkonsumsi makanan tersebut.

Namun, di sisi lain terdapat beberapa makanan untuk mencegah bau badan yang tidak sedap. Melansir laman Renegade Health, dengan mengkonsumsi makanan-makanan berikut ini dapat membantu memberikan aroma natural yang menyenangkan. 

1. Buah-buah sitrusBuah-buah sitrus yang memiliki aroma yang menyegarkan dan membangkitkan semangat ini mudah diserap tubuh dan dapat meningkatkan aroma tubuh tubuh. Konsumsi buah-buah sitrus seperti nanas, jeruk, stroberi atau apel. Segelas jus apel setiap hari juga dapat untuk menghindari bau badan yang tidak sedap.

2. KapulagaKapulaga dikenal sebagai penyegar nafas yang baik. Kapulaga juga diserap tubuh dengan mudah dan meninggalkan aroma yang segar.

3. Teh melatiMinum secangkir teh melati untuk menghindari bau tidak sedap. Semua jenis teh herbal dapat membantu pencernaan serta menyingkirkan racun dalam tubuh, sehingga membantu kita untuk terhindar dari masalah bau badan secara alami.

4. Biji fenugreek atau kelabatRendam biji fenugreek dalam air selama semalam, kemudian makan biji tersebut pada pagi hari untuk meningkatkan aroma tubuh selama seharian penuh.

5. RosemaryRosemary tidak hanya menjadi rempah yang baik untuk perawatan kulit namun rosemary juga dapat membantu mengurangi bau badan tidak sedap.

6. YogurtMikroorganisme dalam yogurt bermanfaat untuk membantu tubuh mencerna makanan dan melawan racun dalam tubuh secara efisien sehingga dapat menghindari penyebab alami bau badan tidak sedap.

7. Air lemonMinum air lemon dapat membantu terhindar dari bau badan karena secara umum minum air dapat membantu menjaga aroma tubuh yang bersih dan lemon dapat membantu membersihkan dan menyegarkan sistem tubuh.

8. Kayu manis, thyme dan peppermintTiga rempah-rempahan ini akan meningkatkan aroma alami tubuh.

DWI NUR SANTI