Pentingnya Etika Bersalaman di Dunia Kerja

Reporter: Astari Pinasthika Sarosa
Editor: Yayuk Widiyarti
Jumat, 29 Maret 2019 14:59 WIB
Pentingnya Etika Bersalaman di Dunia Kerja

CANTIKA.COM, Jakarta - Berjabat tangan di tempat kerja dapat meningkatkan kualitas interaksi, menghasilkan tingkat keakraban, dan kepercayaan yang lebih tinggi dalam hitungan detik. Jika mengetahui cara bersalaman dengan baik, Anda bisa menarik perhatian atasan atau teman kerja.

Namun, bagaimana bisa memastikan cara bersalaman Anda menarik perhatian positif? Berikut adalah hal-hal yang menunjukkan pentingnya bersalaman di dunia kerja, dilansir dari The Muse.

Artikel lain:
Asyiknya Punya Pasangan Kerja di Kantor

#Tanda hormat
Jabat tangan atau bersalaman bukan hanya mengenai satu tindakan, ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Jika sedang duduk, selalu bangkit sebelum menjabat tangan seseorang. Jika sedang berdiri, jauhkan tangan yang tidak sedang bersalaman dari saku. Hal tersebut membuat Anda terlihat lebih terbuka dan jujur. Jaga kepala agar tetap lurus, jangan memiringkannya, dan hadapi orang yang menyalami dengan menggunakan banyak kontak mata. Hal tersebut menunjukkan tanda hormat antara satu sama lain.

#Kepercayaan
Saat bersalaman, Anda bisa meningkatkan kepercayaan seseorang. Cara bersalaman untuk meningkatkan kepercayaan adalah dengan membuat orang yang menyalami merasa nyaman. Jabat tangan yang bisa dilakukan adalah menggenggam tangan orang yang menyalami seolah-olah tangan Anda sedang memeluk tangannya.

#Rasa percaya diri
Saat bersalaman, Anda bisa menunjukkan rasa percaya diri. Hindari bersalaman tanpa energi, atau seringkali disebut sebagai “The dead fish”. Cara bersalaman ini sangat umum di kalangan wanita dan menjadi cara bersalaman yang terburuk. Hindari bersalaman dengan tangan lemas dan seperti seseorang tanpa nyawa. Ini adalah jenis jabat tangan yang dapat merusak pertemuan, bahkan sebelum rapat dimulai.

Baca juga:

Ciri Orang Stres di Tempat Kerja, Ada 2 Jenisnya