10 Langkah Mengurangi Konsumsi Gula dalam 5 Hari

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi makanan manis (pixabay.com)

Ilustrasi makanan manis (pixabay.com)

IKLAN


5. Konsumsi masakan rumah
Kamu bisa mengurangi gula dengan menghindari konsumsi makanan dari luar. Sebagian besar restoran menambahkan gula dan garam dalam berbagai bentuk untuk meningkatkan rasa ataupun warna makanan. Jadi salah satu cara terbaik untuk berhenti dari kecanduan gula adalah memasak makanan di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang tidak mengandung gula dalam bentuk apa pun.

6. Kendalikan kadar gula dalam kopi atau teh
Tidak dapat lepas dari teh atau kopi? Bukan masalah. Kamu dapat terus minum teh dan kopi dengan menghindari penggunaan gula rafinasi atau pemanis buatan seperti aspartame, sucralose, acesulfame potassium, dan neotame.

7. Lebih banyak konsumsi sayuran
Sayuran sarat dengan kandungan vitamin, mineral, fitonutrien, dan serat makanan. Lebih baik banyak mengonsumsi banyak sayuran karena membuat kenyang lebih lama dan meningkatkan kesehatan. Secara bertahap pula kecanduan gula akan terkikis dari diri Anda.

8. Baca detail label pada makanan kemasan
Saat membeli aneka makanan kemasan, kandungan gula bisa dalam bentuk fruktosa, dekstrosa, HFCS, sirup agave, dan lainnya. Kamu harus selalu memeriksa label kandungan pada roti, saus, saus salad, mayones, hingga makanan kaleng. Kamu bisa mengurangi konsumsi gula 50 persen lebih sedikit, jika jeli memangkas kandungan gula dalam bentuk apa pun.

9. Konsumsi buah yang tidak terlalu manis
Buah-buahan mengandung fruktosa yang bisa memicu kecanduan gula. Sebaiknya makanlah buah-buahan yang tidak terlalu manis seperti stroberi, gooseberry, blueberry, cranberry, raspberry, apel, jeruk, jeruk nipis, lemon, jeruk keprok, alpukat, dan melon. Hindari makan pepaya, mangga, anggur, nanas, persik, hingga pir.

10. Banyak minum air putih
Langkah terakhir dan paling penting adalah minum banyak air untuk tubuh tetap terhidrasi dan mengeluarkan gula yang berlebih dari sistem organ. Minum air putih juga membantu mengurangi nafsu makan, menurunkan berat badan, mengurangi ruam kulit, pecah-pecah bibir, hingga meningkatkan fungsi otak.

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."