Sisi Positif Cemburu pada Pasangan, Tak Melulu Negatif

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi pasangan bertengkar. shutterstock.com

Ilustrasi pasangan bertengkar. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Cemburu adalah perasaan dalam sebuah hubungan, tak cuma ada perasaan cinta. Perasaan cemburu bisa menjadi duri yang pada akhirnya bisa mematahkan hubungan.

Cemburu sering berakar pada rasa tidak aman dan takut kehilangan pasangan. Rasa cemburu tidak boleh diberi kesempatan untuk tumbuh dan berkembang.

Pasangan yang cemburu harus rela membiarkan pasangannya tahu tentang perasaannya. Dan pasangannya itu pada gilirannya harus rela melakukan apapun yang diperlukan untuk menghilangkan rasa cemburu dari pikiran pasangannya.

Baca juga:
10 Sebab Pasangan Muda Ogah Menikah

Tapi, pada beberapa kesempatan, sedikit rasa cemburu bisa menjadi hal yang baik untuk hubungan, tentu dengan syarat jika rasa cemburu itu ditangani dengan baik. Berikut alasan mengapa cemburu terkadang bagus untuk hubungan.

#Pengingat cinta
Jika tiba-tiba merasa cemburu, ingatlah bahwa Anda merasakannya karena pasangan sangat penting. Anda sangat mencintai pasangan sehingga hal kecil sekalipun menyebabkan cemburu. Jika ini terjadi, yang perlu Anda lakukan adalah mengingatkan diri sendiri bahwa Anda mempercayai pasangan dan dia mencintai Anda sama seperti Anda mencintainya.

Ilustrasi pasangan. shutterstock.com

#Membawa kembali semangat dalam hidup
Bila melihat orang lain menggoda pasangan, Anda merasa cemburu. Kecemburuan ini akan membawa kembali percikan dalam hubungan yang membosankan, yang mungkin membuat Anda kehilangan gairah terhadap pasangan.

#Memotivasi diri
Jika cemburu terhadap kemampuan dan kualitas diri seseorang, mungkin itu karena Anda merasa kurang sehingga merasa minder karenanya. Gunakan kecemburuan ini untuk memotivasi Anda untuk mengembangkan kualitas dan kemampuan diri.

#Mendorong untuk jadi pasangan yang lebih baik
Jika cemburu, cobalah ingatkan diri sendiri agar hubungan dengan pasangan tidak menjadi kendur karenanya. Lebih memperhatikan pasangan dan hubungan berdua. Tunjukkan bahwa Anda adalah pasangan terbaik yang bisa diharapkan.

#Membantu atasi rasa ketidakamanan diri
Kecemburuan dengan jelas memicu keresahan dalam diri. Bila merasakan cemburu, Anda benar-benar dapat melihat di mana letak ketidakamanan diri. Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk mengatasinya dan menyembuhkan diri sendiri.

#Membuat Anda merasa lebih baik dari sebelumnya
Jika mengomunikasikan perasaan kepada pasangan dengan cara yang tenang dan logis, pasangan akan meyakinkan Anda untuk tidak merasa khawatir. Pasangan akan memberi tahu betapa dia mencintai Anda. Keyakinan dan pengakuan cintanya ini akan membantu Anda merasa lebih baik dari sebelumnya, juga membantu memperkuat hubungan dan ikatan.

Artikel lain:

Jangan Coba Mengubah Sifat Pasangan atau Ia akan Menjauh

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."