Koleksi The Journey Si.Se.Sa Tak Hanya Busana Syar'i, Ada Tas

Reporter: Silvy Riana Putri
Editor: Yunia Pratiwi
Rabu, 20 Maret 2019 13:15 WIB
Koleksi The Journey Si.Se.Sa Tak Hanya Busana Syar'i, Ada Tas

CANTIKA.COM, Jakarta - Label Si.Se.Sa merupakan kependekan nama dari trio bersaudari Siriz Tentani, Senaz Nasansia, dan Sansa Enandera. Memasuki tahun keempatnya, Si.Se.Sa menghelat fashion show tahunan yang bertajuk The Journey. Sebanyak 80 set koleksi The Journey yang ditampilkan dibagi ke dalam 10 sequence, untuk pilihan berbusana perempuan syar’i di segala aktivitas, mulai dari kasual, formal hingga acara pernikahan.

Baca juga: Ke Car Free Day Pakai Baju Olahraga Syar'i, Cek Koleksi Si.Se.Sa

Direktur kreatif Si.Se.Sa, Sansa Enandera, mengatakan tema The Journey terinspirasi dari pergerakan Islam."Sekarang semakin banyak kajian dan tren perubahan menuju yang baik, seperti perempuan berhijrah dalam tampilannya. Kami ingin ada di dalam perjalanan para perempuan yang berhijrah itu. Kami ingin menunjukkan tampil syar’i dengan khimar atau kerudung panjang tetap bisa tampil modis dan sesuai kaidah dalam agama kita,” kata Sansa saat konferensi pers sebelum fashion show, di The Tribrata, Jakarta Selatan, Selasa 19 Maret 2019.

Fashion show 4th Si.Se.Sa bertajuk The Journey di The Tribrata, Jakarta Selatan, Selasa 19 Maret 2019. (Dok. Tim Muara Bagdja)

Si.Se.Sa. memang dikenal sebagai pionir label hijab syar’i di Indonesia. Si.Se.Sa juga konsisten mengaplikasikan kristal swarovski di setiap desain khimar. Selain itu, ciri khas busana Si.Se.Sa selalu terusan panjang yang menutup hingga telapak kaki, longgar, dan tidak transparan.

Koleksi The Journey yang dibagi ke dalam 10 sequence ini terdiri dari blue label, luxury good handbags, prayer set, umroh and hajj, sport, wear monogram, tulle, black diamond, couture, dan kebaya syar’i. Memang tidak semua koleksi The Journey adalah rancangan terbaru, salah satu contohnya, Si.Se.Sa Sport yang telah diluncurkan tahun lalu.

Fashion show 4th Si.Se.Sa bertajuk The Journey di The Tribrata, Jakarta Selatan, Selasa 19 Maret 2019. (Dok. Tim Muara Bagdja)

Dari pengamatan selama fashion show, warna dan motif pastel mendominasi koleksi The Journey. Namun adapula pilihan busana serba hitam, coklat, dan warna cerah, seperti merah. Sejumlah desain busana maupun khimar memainkan detail ruffle, lipit ukuran besar, color blocking, dan potongan asimetris serta layering. Selain aplikasi kristal swarovski yang membentuk tulisan Si.Se.Sa, terdapat pula aplikasi bordir pada koleksi mukena.

Untuk pemilihan bahan bervariasi sesuai jenis tema yang ditawarkan. Pada koleksi tulle didominasi bahan tulle. Namun terlihat pula sejumlah busana dari bahan sifon, jersey hingga crepe. Sedangkan pada koleksi couture banyak menyertakan brokat berwarna keemasan.

Artikel lain: The Khadeeja, Koleksi Si.Se.Sa Buat Perempuan Aktif Kekinian

Fashion show 4th Si.Se.Sa bertajuk The Journey di The Tribrata, Jakarta Selatan, Selasa 19 Maret 2019. (Dok. Tim Muara Bagdja)

Dari 10 sequence, wear monogram dengan motif huruf tiga S yang saling mengait seperti rantai cukup menarik perhatian. Corak tersebut mengingatkan kita pada monogram huruf sejumlah brand internasional, seperti Chanel. Setelah wear monogram, Si.Se.Sa Sport dengan motif checker flag dari arena balap mobil bisa dijadikan referensi gaya perempuan milenial.

Untuk busana kebaya syar’i Si.Se.Sa. bisa dijadikan pilihan para perempuan hijab syar’i yang selama ini belum menemukan desain yang tepat. Penggunaan brokat dan elemen beludru pada area tangan menjadi pemanis tampilan kebaya. Desain yang ditawarkan beragam mulai dari kutu baru panjang, kebaya panjang hingga kebaya A-line.

ki-ka: Siriz Tentani (Sales Director Si.Se.Sa), Sansa Enandera (Creative Director Si.Se.Sa) & Senaz Nasansia (Marketing Director Si.Se.Sa) di The Tribrata, Jakarta Selatan, Selasa 19 Maret 2019. (Tempo/Silvy Riana Putri

Pada pagelaran mode di tahun keempatnya, Si.Se.Sa pertama kali meluncurkan koleksi luxury good handbags. “Tas ini memakai bahan kulit Italia yang bukan dari kulit babi, tapi dari kulit sapi. Kami memilih Italia untuk saat ini karena kualitas bahan kulitnya yang premium. Desain tas kami berciri girly, dinamis, dan wearable cocok dengan segmen Si.Se.Sa yang premium. Ada enam pilihan warna, yaitu hitam, navy blue, beige, peach, abu-abu, dan ungu. Masing-masing warna memiliki empat jenis tas mulai dari crossbody bag hingga tote bag,” jelas Sansa. Selain tas, Si.Se.Sa juga merilis aplikasi Si.Se.Sa untuk kemudahan berbelanja melalui Android maupun iOS.