Puting Payudara Sakit, Penyebabnya dari Infeksi sampai Menyusui

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi memeriksa payudara. Shutterstock.com

Ilustrasi memeriksa payudara. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Rasa nyeri pada puting payudara akan terasa sangat tidak nyaman. Hal pertama yang harus dilakukan jika mengalaminya adalah tetap tenang dan jangan panik.

Baca juga: Kendall Jenner Bicara tentang Payudara: Paham kan Maksudku?

Berbagai perubahan gaya hidup dan kesehatan dapat menyebabkan nyeri puting. Hal ini tentu dapat dengan mudah diatasi. Namun ada sebab lain dengan gejala yang lebih mengkhawatirkan seperti benjolan pada puting atau perubahan warna yang jelas harus dikonsultasikan kepada dokter.

Apapun masalahnya, puting payudara yang teriritasi dan menyakitkan bukanlah sesuatu yang harus terjadi secara berulang. Jika kamu merasakan hal yang tidak nyaman pada bagian puting segera temui dokter spesialis kebidangan dan kandungan. Namun, ada beberapa kemungkinan penyebab puting payudara terasa sakit yang perlu diketahui berikut ini. 

#1. Infeksi
Ya, puting bisa terinfeksi: "Ada pori-pori besar dan folikel rambut di sekitar puting yang dapat menjadi tersumbat dan terinfeksi seperti di daerah ketiak atau kemaluan Anda," kata Jenna Sassie, dokter spesialis kebidanan dan kandungan, di Women's Healthcare Associates di Houston, Amerika Serikat, seperti dikutip dari laman Women's Health. 

Salah satu jenis infeksi yang mungkin terjadi, adalah infeksi ragi pada puting. Ini biasanya terjadi di bawah payudara di mana keringat terkumpul, kata Sassie, tetapi karena ragi tumbuh subur di lingkungan yang lembab dan gelap, wanita yang secara teratur memakai bra yang terbuat dari bahan yang panas mungkin juga rentan terhadap infeksi jamur pada putingnya. Sariawan adalah jenis infeksi ragi lain yang diteruskan ke ibu menyusui dari bayi mereka. Untungnya, infeksi ini dapat diobati dengan antibiotik, bagi yang menyusui dan bayinya.

Tindikan pada puting juga dapat menyebabkan infeksi, terutama jika tidak dilakukan dengan teknik yang baik atau dirawat dengan cermat setelahnya, kata Alyssa Dweck, MD, seorang dokter kandungan di Westchester, New York, Amerika Serikat. Jadi jika ingin menggunakan aksesori pada puting, lakukan penelitian dan temukan tato artist atau tempat tindik yang berkualitas.

#2. Iritasi
Jika kamu termasuk yang senang berolahraga secara teratur atau berlatih untuk kegiatan khusus seperti  maraton, dapat mengalami lecet atau iritasi dari bra olahraga. Dweck menyarankan memakai bra olahraga yang bagus dan berkualitas baik dan menggunakan balsam anti radang untuk mencegah iritasi.

Tapi iritasi ini juga bisa terjadi dalam pakaian sehari-hari. “Saya juga memiliki pasien yang memakai bra renda yang tidak pas dan seperti itu yang berakhir dengan ruam atau kepekaan karena menggosok puting sepanjang hari,” kata Jenna Sassie.

Selanjutnya, perubahan hormonal

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."