Mengurangi Lemak Membandel dengan Cryolipolysis, Apa Itu?

Ilustrasi sedot lemak. Shutterstock

kecantikan

Mengurangi Lemak Membandel dengan Cryolipolysis, Apa Itu?

Rabu, 13 Maret 2019 16:00 WIB
Reporter : Silvy Riana Putri Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta – Bentuk tubuh ideal tanpa tampilan lemak berlebihan bisa didapatkan dengan pola makan sehat, olahraga, dan perawatan tubuh. Lemak membandel yang tak bisa hilang dari pola makan sehat dan olahraga bisa diatasi dengan sejumlah perawatan estetika non bedah, salah satunya Cryolipolysis.

Baca: Siklus Menstruasi Ternyata Dipengaruhi oleh Asupan Lemak

Direktur Medis Evitderma Aesthetic Clinic, Dwindi Saptania, mengatakan Cryolipolysis kini semakin diminati perempuan masa kini untuk mempertahankan bentuk tubuh yang diinginkan.

"Perawatan pembekuan lemak tanpa bedah ini mampu mengurangi lemak-lemak membandel hingga ke area yang sulit digapai. Disebut lemak membandel karena membutuhkan stimulasi dari luar tubuh dan alat tertentu,” jelas dokter Dwindi, saat ditemui di Jakarta Selatan, Selasa 12 Maret 2019.

Dokter Dwindi menambahkan, usai menjalani cryolipolysis, pasien bisa langsung beraktivitas. Hal itu yang membedakan dengan perawatan liposuction yang tidak mengizinkan pasien beraktivitas sehari-hari selama satu bulan. 

Keunggulan lainnya, cryolipolysis yang mengandalkan tenaga beku mampu mematikan satu wilayah lemak, sedangkan perawatan yang memakai tenaga panas hanya mampu mengecilkan ukuran lemak membandel dan bisa berkembang lagi jika tidak didukung pola hidup sehat.

Baca juga: 6 Gerakan Olahraga Setelah Melahirkan untuk Bakar Lemak

Sebelum menjalani cryolipolysis, dokter akan mendiagnosa kondisi pasien. Kriteria pasien yang tidak diizinkan menjalani perawatan tersebut adalah penderita epilepsi, hipertensi urgensi (darah tinggi yang tidak terkontrol), penyakit kanker, dan ibu hamil.

Setelah pemeriksaan kesehatan mendetail, termasuk riwayat alergi, dokter akan menggambar target lemak di bagian tubuh. Kemudian lemak akan dijepit dengan alat berbentuk jari-jari. Ukurannya pun beragam mulai dari yang besar hingga kecil sesuai area tubuh yang ditargetkan. 

Tiga menit pertama... baca selengkapnya