6 Gerakan Olahraga Setelah Melahirkan untuk Bakar Lemak

Reporter: Tabloid Bintang
Editor: Yunia Pratiwi
Senin, 11 Maret 2019 11:02 WIB
6 Gerakan Olahraga Setelah Melahirkan untuk Bakar Lemak

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak wanita yang berusaha mengembalikan bentuk tubuhnya dengan olahraga setelah melahirkan. Namun sebelum memilih jenis olahraga yang akan dilakukan, sebaiknya untuk sesuaikan dengan kondisi tubuh yang sedang dalam masa pemulihan atau berkonsultasi ke dokter.

Baca juga: 3 Jenis Olahraga yang Dianjurkan agar Tubuh Bugar Maksimal

Berikut ini beberapa gerakan yang dapat dilakukan untuk membakar lemak dan melenturkan tubuh usai melahirkan. 

#1. Forearm plank
Gerakan Melenturkan Tubuh dan Membakar Lemak setelah Melahirkan: Forearm Plank 

Menyasar otot perut hingga kaki, plank akan membuang lemak pada bagian-bagian tubuh itu. Bersiap dari posisi plank. Tumpukan tubuh pada kedua lengan bawah, telapak tangan, dan jari-jari kaki. Posisikan punggung lurus dan pandangan menghadap ke bawah. Tarik otot perut ke dalam dan tahan posisi ini 30-60 detik. Istirahat selama 30 detik dengan menurunkan lutut.

#2. Rabbit pose
Alternatif lain untuk melenturkan tubuh sekaligus memperlancar sirkulasi darah yaitu dengan rabbit pose. Awali dari duduk bersimpuh. Buang napas dan pegang tumit dengan jari-jari tangan. Dorong tubuh ke depan hingga dahi menyentuh lutut. Angkat pinggul hingga kedua lengan lurus dan sejajar dengan lantai. Tahan posisi ini selama 5 tarikan napas. Lalu ulangi sampai 5 kali. 

#3. Triangle pose
Gerakan Melenturkan Tubuh dan Membakar Lemak setelah Melahirkan: Triangle pose

Melenturkan otot seluruh tubuh selepas masa pemulihan pasca melahirkan bisa dilakukan dengan triangle pose. Mulai dari posisi berdiri dengan kaki terbuka kira-kira selebar 90 cm. Dorong jari-jari kaki kanan menghadap ke arah kanan dan jari-jari kaki menyerong ke kanan. Tarik napas dan rentangkan kedua lengan ke arah kanan hingga sejajar dengan lantai.

Buang napas dan angkat lengan kiri ke atas kepala serta dorong lengan kanan ke bawah hingga menyentuh lantai. Posisi kedua kaki lurus dan tidak menekuk. Tahan posisi ini selama 5 tarikan napas. Lakukan secara bergantian pada sisi tubuh yang lain. Ulangi masing-masing 3 kali. 

#4. Pelvic Bridge
Gerakan Melenturkan Tubuh dan Membakar Lemak setelah Melahirkan: Pelvic bridge

Pelvic bridge berfungsi mengendalikan kandung kemih yang kerap mengalami gangguan usai melahirkan. Awali dari tidur telentang dengan menekuk kedua lutut. Buat jarak antarlutut selebar pinggul. Tarik dan buang napas sambil menarik otot perut ke dalam. Angkat tulang panggul dan punggung hingga tubuh seperti membentuk huruf V terbalik. Posisikan kedua lengan di sisi tubuh. Turunkan panggul dan kembali ke posisi semula. Ulangi sampai 10 kali. 

#5. Pelvic TiltGerakan Melenturkan Tubuh dan Membakar Lemak setelah Melahirkan: Pelvic Tilt 

Memperkuat perut pascapersalinan jadi agenda wajib para ibu. Lakukan dengan pelvic tilt. Caranya, tidur telentang dengan menekuk kedua lutut. Anda bisa meletakkan bantal tipis di bawah pinggul untuk menopang tubuh. Tempatkan kedua lengan di sisi tubuh. Tarik dan buang napas sambil menarik otot perut ke dalam. Tahan posisi selama 5 detik dan ulangi sampai 10 kali.  

#6. Crunch BeatGerakan Melenturkan Tubuh dan Membakar Lemak setelah Melahirkan: Crunch Beat 

Mulai dari posisi telentang dengan mengangkat kedua lutut membentuk sudut 90 derajat. Posisikan kedua betis sejajar dengan lantai. Lipat kedua tangan di belakang kepala dan angkat bahu dari lantai. Luruskan kaki hingga terangkat secara diagonal. Silangkan kaki kiri di atas kaki kanan dan rentangkan lengan di atas kepala. Tahan posisi ini sambil ganti menyilangkan kaki selama 8 hitungan. Kembali ke posisi semula dan ulangi sampai 5 kali. 

AURA