Mengurangi Lemak Membandel dengan Cryolipolysis, Apa Itu?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi sedot lemak. Shutterstock

Ilustrasi sedot lemak. Shutterstock

IKLAN

Pada tiga menit pertama akan terasa tidak nyaman karena merasakan kondisi dingin dengan suhu cukup rendah dari ruangan. Di atas waktu lima menit, pasien mulai terbiasa dengan rasa dingin. 

“Melalui alat berbentuk jari-jari itu akan dialirkan tenaga beku sesuai protokol dokter. Bisa sampai minus 9 derajat menuju lemak yang ditargetkan sehingga lemak mati karena pembekuan. Dalam waktu 6-8 minggu, lemak mati akan keluar dari tubuh melewati feses (kotoran) dan limfa,” ucap dokter Dwindi. Lama waktu perawatan tergantung area lemak yang disasar. Untuk bagian tangan bisa 50 menit dan bagian perut mencapai 60 menit.

Setelah perawatan, lemak mati akan menggumpal seperti bekas memar dan berwarna biru. Ada pasien yang akan merasakan nyeri ataupun seperti biasa saja sesuai reaksi tubuh masing-masing. Disarankan tidak melakukan olahraga angkat beban dan kickboxing serta konsumsi makanan rendah kalori.

dr Dwindi Saptania, Direktur Medis Evitderma Aesthetic Clinic, di Pondok Indah, Jakarta Selatan, Selasa 12 Maret 2019. TEMPO/Silvy Riana Putri

Pasien juga harus memijat bagian lemak mati dengan mengikuti sejumlah perawatan di klinik estetika dan ketika berada di rumah. “Ketika sedang di rumah, pasien bisa memijat area lemak mati pas mandi. Dipijat ke arah limfatik. Kalau lemak mati itu ada di area perut arah pijatan menuju ke bawah. Bila ada di area lengan, pijat ke arah pangkal lengan, supaya jalan ke arah limfatik,” tuturnya.

Setelah 6-8 minggu, dokter akan melihat perubahan lemak sesuai kondisi tubuh masing-masing pasien. “Ada yang habis lemak matinya saat satu kali perawatan. Tapi ada pula yang hanya berkurang 1-2 centimeter.

Artikel lainnya:
Makanan dan Minuman Pembakar Lemak Wajib Dikonsumsi Sebelum Tidur

Tingkat keberhasilan tidak bisa disamaratakan pada setiap pasien. Sebab kondisi mereka unik dan berbeda. Bila belum maksimal, pasien bisa melakukan perawatan kembali dan diperkuat lagi pola hidup sehatnya. Di Evitderma Aesthetic Clinic, satu jepitan jari-jari cryolipolysis senilai Rp 5 juta. Dalam satu perawatan bisa lebih dari dua jepitan,” pungkas dokter Dwindi.

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."