Mengenal Fungsi Retinol, Bahan yang Kaya Manfaat untuk Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi kulit sehat. Shutterstock

Ilustrasi kulit sehat. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Retinol salah satu di antara beragam produk perawatan kulit yang dapat mengatasi masalah kulit. Retinol diketahui sebagai produk anti penuaan yang luar biasa, karena kemampuannya untuk mengurangi garis halus dan keriput.

Baca juga: 4 Kandungan yang Sebaiknya Ada dalam Produk Perawatan Kulit

Produk retinol yang berkualitas dapat meningkatkan elastisitas kulit sehingga kulit menjadi kenyal dan halus, menstimulasi kolagen, pengelupasan, dan menyamakan warna kulit. Selain itu retinol juga dapat mencegah dan mengurangi kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk menambahkan retinol dalam rutinitas perawatan kulit. Membelinya sendiri atau diresepkan oleh dokter. Melansir lama Pop Sugar, berikut ini beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum menggunakan retinol.

#Apa itu retinol
Secara sederhana, retinol adalah bentuk paling murni dari vitamin A. Ada lebih dari 2,500 bahan kimia berbeda yang disebut retinoid. Vitamin A sangat efektif karena ketika diterapkan pada kulit, retinoid berubah menjadi asam retinoat. Retinoat dapat memperbaiki dan membentuk sel kulit. Kunci kekuatan retinol adalah pada seberapa baik retinol berubah menjadi asam retinoat setelah menyentuh kulit.

#Beli sendiri atau diresepkan dokter?
Perbedaan utama antara retinol yang dijual bebas dengan resep dari dokter adalah konsentrasi bahan Ini akan mempengaruhi kemapuan retinol berubah menjadi asam retinoat. “Pertimbangkan tiga hal ketika memilih obat yang dijual bebas atau resep dari dokter, hasil yand diinginkan, sensitivitas kulit, serta berapa banyak ingin Anda habiskan,” kata dokter kulit Jody Comstock. 

Retinol yang diresepkan dokter dapat menyebabkan kulit menjadi merah dan mengelupas. Jika Anda tidak keberatan dengan hal tersebut akan memberikan hasil yang lebih cepat dari pada yang dijual bebas.

Sementara jika Anda keberatan, CEO of Skin Authority, Celeste Hilling mengatakan Anda dapat membeli produk retinol yang dijual bebas, hasilnya akan sama seperi yang diresepkan dokter, hanya membutuhkan beberapa waktu. “Formula retinol yang dijual bebas sangat lembut digunakan sehari-hari, sehingga Anda dapat menambahkannya dalam perawatan kulit,” tambah Hilling. Keduanya, Hilling dan Comstock menyarankan agar Anda melihat hasilnya dalam waktu 10 sampai 14 hari, atau lebih lama dalam waktu 6 sampai 8 tinggi.

#Tip penting sebelum menggunakannya
Apakah Anda membelinya sendiri atau melalui resep dokter retinol dapat meningkatkan sensitivitas kulit. Ini kenapa sangat penting untuk menggunakannya secara perlahan, misalnya dengan menggunakannya seminggu dua kali. Perlu diingat, supaya memakainya dalam jumlah yang sedikit saja, tidak perlu berlebihan karena tidak akan mempercepat hasil yang diinginkan. Selain itu tetap gunakan tabir surya sehari-hari, agar tidak menyebabkan kemerahkan dan kerusakan pada kulit. Produk retinol tidak boleh digunakan oleh siapa saja yang sedang hamil, menyusui, atau memiliki masalah hati dan ginjal.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."