Selektif Pilih Bahan Hijab agar Tak Berjerawat dan Rambut Oke

Reporter: Astari Pinasthika Sarosa
Editor: Rini Kustiani
Senin, 11 Maret 2019 16:30 WIB
Selektif Pilih Bahan Hijab agar Tak Berjerawat dan Rambut Oke

CANTIKA.COM, Jakarta - Wanita yang berhijab terkadang mengalami kendala terutama di bagian kulit pipi, dagu, dan dahi. Tiga area yang bersinggungan dengan tepi hijab ini terkadang berjerawat atau beruntusan dan memiliki warna kulit yang berbeda alias belang. Rambut yang tertutup hijab juga terkadang rontok dan kusut.

Baca: Tips Fitri Tropica Tak Banyak Bawa Hijab dan Pakaian saat Liburan

Dokter estetik Lilis Rohaeni mengatakan kondisi ini tidak bisa hanya diatasi dengan memperhatikan metode perawatan kulit atau penggunaan produk kecantikan. Satu hal yang juga harus ditelisik adalah bahan hijab yang bisa dipakai.

"Bahan hijab yang paling dianjurkan adalah hijab yang 100 persen katun," kata Lilis Rohaeni di acara soft launching produk kecantikan asal Thailand, Giffarine di Jakarta Selatan pada Senin, 11 Maret 2019. Salah satu pemicu jerawat atau beruntusan di area yang bersinggungan dengan hijab, menurut dia, lantaran bahan hijab yang dipakai tidak menyerap air.

Kondisi tidak menyerap air ini, Lilis Rohaeni melanjutkan, akan semakin buruk jika jenis kulit pemakainya berminyak. Dengan begitu, kondisi ini menimbulkan lebih banyak bakteri pada wajah. Lilis Rohaeni menjelaskan, bahan hijab dari katun sempurna menyerap air.

Ilustrasi wanita memegang rambutnya. shutterstock.com

Selain menyerap air, pemilihan bahan hijab juga harus mempertimbangkan unsur perawatan rambut. "Pilih bahan yang memberikan ruang bagi rambut untuk bernapas," ucap pendiri Aeni Skincare Clinic, ini. Kalau rambut sampai tak bisa bernapas, maka akan muncul masalah ketombe dan bau.

Jika sudah memilih bahan hijab yang sesuai, unsur yang juga penting, menurut Lilis Rohaeni, adalah pemilihan sampo. Wanita berhijab, kata dia, sebaiknya jangan menggunakan sampo yang memiliki banyak pelembap.

Baca juga: Cara Mencegah Rambut Rontok Berlebihan untuk Hijaber

"Para hijaber kalau bisa memilih sampo yang kering. Biasanya sampo anti-lepek itu cocok untuk wanita berhijab," ucap Lilis Rohaeni. Sebab, sampo yang melembapkan rambut dan kulit kepala, menurut dia, justru dapat memicu masalah ketombe dan membuat rambut menjadi bau.