Profil Ahli Matematika Olga Ladyzhenskaya, Tokoh Google Doodle

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Olga Ladyzhenskaya. Google

Olga Ladyzhenskaya. Google

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Olga Ladyzhenskaya menjadi tokoh Google Doodle pada Kamis, 7 Maret 2019. Perempuan asal Rusia ini lahir pada 7 Maret 1922 dan meninggal pada 12 Januari 2004.

Olga Ladyzhenskaya merupakan tokoh matematika. Ia bersentuhan dengan dunia matematika dan menyukai pelajaran aljabar karena ayahnya, Aleksandr Ivanovich Ladyzhenskii, adalah seorang guru matematika di Kologriv, Rusia. Namun situasi politik yang bergejolak membuat ayah Olga Ladyzhenskaya ditangkap dan dibunuh. Saat itu usianya 15 tahun.

Seluruh anggota keluarganya juga dieksekusi, dan tinggallah Olga Ladyzhenskaya seorang diri. Dia harus bertahan hidup dengan menjual apapun yang dimiliki keluarganya. Olga Aleksandrovna Ladyzhenskaya breuntung dapat menyelesaikan pendidikan hingga tingkat sekolah menengah. Dia memanfaatkan ilmunya untuk mengajar matematika dan mendapat penghasilan dari sana.

Olga Ladyzhenskaya. Wikipedia

Namun, cita-cita Olga Ladyzhenskaya untuk mengenyam pendidikan sampai jenjang perguruan tinggi bukan hal mudah untuk diwujudkan. Dia dilarang masuk Universitas Leningrad, Rusia. Hal tersebut tak membuatnya patah semangat. Pada tahun 1943 atau di usia 21 tahun, dia resmi menjadi mahasiswa di Moscow State University.

Olga Ladyzhenskaya kemdian belajar dari ahli matematika Ivan Georgievich Petrovsky. Dia menghasilkan karya persamaan diferensial parsial dan dinamika fluida. Masih berkaitan dengan latar belakang keluarga yang dianggap berbahaya oleh penguasa Rusia pada saat itu, Olga Ladyzhenskaya baru bisa mempresentasikan tesis dan meraih gelar doktor setelah pemimpin partai komunis Rusia, Joseph Stalin meninggal pada 1953.

Olga Ladyzhenskaya lantas mengajar di Universitas Leningrad -kampus yang dulu menolaknya, dan di Steklov Institute. Pada 2002, Olga Ladyzhenskaya meraih Medali Emas Lomonosov untuk prestasi yang luar biasa di bidang matematika. 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."