Aminah Cendrakasih jadi Google Doodle Hari Ini, Berikut Film dan Sinetron yang Pernah Dia Bintangi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Google Doodle Aminah Cendrakasih

Google Doodle Aminah Cendrakasih

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris, Aminah Cendrakasih menjadi tokoh yang menghiasi Google Doodle hari ini, Senin, 29 Januari 2024, bertepatan pula dengan hari ulang tahunnya. Aktris dengan nama lengkap Siti Aminah Tjendrakasih atau lebih dikenal.Aminah Cendrakasih lahir di Magelang, Jawa Tengah, pada 29 Januari 1938. Dia meninggal pada 21 Desember 2022.

Semasa hidupnya, dia telah membintangi sejumlah judul film dan sinetron. Adapun sinetron yang paling terkenal Si Doel Anak Sekolahan.

Pada 1980-an namanya melejit saat membintangi sinetron Rumah Masa Depan. Dalam sinetron itu ia berakting bersama ibundanya, Wolly Sutinah.

Berikut film dan sinetron yang pernah dibintangi Aminah Cendrakasih

1. Si Doel Anak Sekolahan

Aminah Cendrakasih berperan sebagai Mpok Lela atau Mak Nyak dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Sinetron ini boleh dibilang telah melekat dalam ingatan banyak orang, karena kepopulerannya semasa kurun 1990-an. Dari Si Doel Anak Sekolahan sampai berbagai versi terbarunya ditayangkan di layar lebar, Rano Karno terus mempertahankan pemeran yang masih ada sejak tahun 1990-an.

Aminah tidak bisa beraktivitas seperti biasa sejak sakit glaukoma, ia tak bisa melihat. Tubuhnya hanya bisa berbaring di kasur saat membintangi film Si Doel The Movie, Si Doel The Movie 2, Akhir Kisah Cinta Si Doel. Namun, kepiawaian dia memerankan ibunya Doel, tepat menyentuh dalam perannya tak terbatas kondisi fisiknya.

2. Rumah Masa Depan

Rumah Masa Depan salah satu sinetron legendaris era 1980-an. Di sinetron itu dia bermain dengan ibundanya, Wolly Sutinah. Kisah tentang keluarga Sukri itu diangkat lagi ke layar lebar. Dikutip dari Antara, film Rumah Masa Depan yang diadaptasi lagi dengan judul sama dari rumah produksi Mizan Pictures dan Max Pictures tayang di bioskop seluruh Indonesia pada 7 Desember 2023 silam.

Tim produksi melakukan riset khusus menonton lagi Rumah Masa Depan versi aslinya untuk mengetahui detail dan alur ceritanya.

“Kami datang ke TVRI untuk menonton beberapa episode serialnya agar tahu tone-nya seperti apa,” kata Danial Rifki, sutradara Rumah Masa Depan versi terbaru.

Film Rumah Masa Depan terbaru dibintangi oleh Fedi Nuril, Laura Basuki, Widyawati, Ciara Brosnan, Budi Dalton, Cok Simbara.

3. Oma Irama Penasaran

Dikutip dari Internet Movie Database atau IMDb, Oma Irama Penasaran rilis tahun 1976. Film yang menceritakan penyanyi dangdut, Oma jatuh cinta dengan anak bos perkebunan, Ani. Namun, hubungan percintaan mereka tak disukai orang tua Ani. Oma pergi ke Jakarta meniti karier sebagai musisi sampai sukses di sana.

Film ini dibintangi Rhoma Irama (Oma), Yati Oktavia (Ani), Aminah Cendrakasih (Ibu Ani), Hamied Arif (Pak Mamat, Ayah Ani)

4. Benyamin Raja Lenong

Diceritakan Benyamin, seorang pemain lenong, jatuh cinta kepada Ellya, anak pemilik rumah kontrakan tempat Benyamin tinggal. Namun, orang tua Ellya tak suka dengan Benyamin. Film ini dibintangi oleh Benyamin (Benyamin), Aminah Cendrakasih (Mimin), dan Ellya Khadam (Ellya).

5. Jinak-Jinak Merpati

Film Jinak-Jinak Merpati (1975) cerita tentang cinta segitiga, kakak dan adik mencintai orang yang sama. Dimas pelukis dan Anton mahasiswa sama-sama menyukai Amalia. Film ini dibintangi oleh Sophan Sophian (Dimas), Adji Raden Sajid Fadly (Anton), dan Widyawati (Amalia). Aminah Cendrakasih juga muncul dalam film ini, tapi bukan sebagai pemeran utama.

Pilihan Editor: Google Doodle Tampilkan Jurnalis Wanita Siti Latifah Herawati Diah, Ini Karyanya

BRAM SETIAWAN | ANDIKA DWI| ANTARA | IMDB

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."