Kisah Nola Be3 Mengajarkan Anaknya Berbagi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Riafinola Ifani Sari atau Nola. Instagram.com

Riafinola Ifani Sari atau Nola. Instagram.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Riafinola Ifani Sari alias Nola Be3 dikaruniai tiga anak dari pernikahannya dengan Baldy Mulya Putra, yakni Adyla Rafa Naura Ayu, Adyano Rafi Bevan Putra, dan Anodya Shula Neona Ayu. Nola mengatakan membesarkan tiga anak dengan karakter berbeda bukan hal mudah.

Selain menjajaki minat dan bakat anak, Nola mengajarkan dua hal mendasar sejak dini, yakni empati dan kerelaan hati untuk berbagi kepada orang lain.

Baca juga:

Nola Be3 Hadapi ABG Suka Ngeyel, Akhiri Debat dengan Kehangatan

"Pendidikan dasar untuk anak di rumah adalah tanggung jawab ayah dan ibu. Orang tua harus jadi contoh. Salah satunya dengan berbagi. Berbagi memungkinkan anak menjadi lebih percaya diri dan mudah diterima lingkungan. Saya memberi tahu mereka saat berbagi, kalian akan menerima lebih banyak,” kata Nola.

Mengajarkan berbagi itu susah, apalagi tiga anak Nola sudah berani menyampaikan pendapat sendiri. Namun, Nola tak kurang akal.

"Saya memulai dari hal kecil, yakni menumbuhkan empati atau merasakan masalah orang lain. Dengan menyanyi misalnya, ia bisa berbagi kebahagiaan dengan orang lain yang sedang sedih. Membuat orang lain tersenyum itu ibadah. Kuncinya memang keteladanan dari orang tua," jelasnya.

Artikel lain:
Nola Be3 Terapkan Hari Khusus untuk Anak Mengakses Media Sosial

Psikolog pendidikan dan anak, Elisabeth Santosa, menyebut berbagi adalah keterampilan hidup yang penting dimiliki. Kemampuan berbagi harus dipelajari bayi, balita, dan anak-anak agar dapat belajar berinteraksi dengan baik, berteman, dan bermain bersama teman sebaya.

"Anak-anak yang terbiasa berbagi tumbuh menjadi pribadi yang kooperatif di lingkungan sekitar. Agar dapat memiliki kemampuan berbagi, anak-anak harus merasakan koneksi kuat, merasa dicintai dan diterima dengan hangat oleh orang tua maupun keluarga," jelasnya.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."