4 Makanan yang Oke Disantap kala Perut Kosong

Oatmeal. jollymom.com

kesehatan

4 Makanan yang Oke Disantap kala Perut Kosong

Jumat, 22 Februari 2019 16:07 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat perut kosong, kita jelas tak boleh mengonsumsi makanan sembarangan. Jika tidak peduli dan makan apa saja saat perut kosong, penyakit pencernaan pun mengancam.

Daripada alah pilih makanan saat perut masih kosong, lebih baik ketahui dulu apa saja jenis makanan yang tepat untuk dikonsumsi. Simak daftarnya di bawah ini.

Artikel lain:Waktu yang Tepat Makan Makanan InstantJangan Makan Kekenyangan, Ini 3 Bahayanya

1. Oatmeal, roti gandum dan bubur jagungMengonsumsi oatmeal, roti gandum, dan bubur jagung di pagi hari saat perut masih kosong ternyata sangat baik bagi kesehatan pencernaan. Jenis makanan tersebut kaya serat yang baik untuk pencernaan dan mengurangi kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi. Tak hanya itu, oatmeal, roti gandum, dan bubur jagung juga bisa membuang racun dari logam berat yang ada di usus.

Ilustrasi madu. shutterstock.com

2. MaduBukan haya rasanya yang manis, madu juga memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan. Madu bisa membuat sistem kekebalan tubuh lebih kuat. Selain itu, madu juga sangat baik untuk menjaga pencernaan tetap sehat. Madu rupanya juga bisa bertindak sebagai agen pembersih virus dan bakteri dari dalam tubuh kita.

Ilustrasi telur. thekitchn.com

3. TelurMengonsumsi telur di pagi hari saat perut masih kosong ternyata juga sangat dianjurkan. Makanan ini memang kaya protein dan nutrisi baik untuk tubuh. Dengan mengonsumsi telur maka perut pun terasa kenyang lebih lama sehingga cocok sekali untuk diet. Selain itu, menurut sebuah studi, jika mengonsumsi telur di pagi hari, maka jumlah kalori harian pada tubuh pun akan menurun.

Ilustrasi memakan buah-buahan. Shutterstock.com

4. Buah-buahanBuah-buahan telah dikenal memiliki banyak vitamin, nutrisi, serat, dan air yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Mengonsumsi buah saat perut masih kosong ternyata juga boleh dilakukan karena bisa membantu sistem pencernaan semakin lancar. Selain itu, buah juga bisa mendetoksifikasi tubuh dari racun berbahaya dan juga membantu menurunkan berat badan. Namun, kita juga harus mengetahui bahwa ada beberapa jenis buah yang ternyata dilarang untuk dikonsumsi saat perut masih kosong, misalnya jeruk, pisang, dan juga pir karena bisa membahayakan kesehatan.

TEEN