Kiat Membasmi Komedo dengan Kombinasi Baking Soda dan Pore Pack

Ilustrasi komedo. Shutterstock.com

kecantikan

Kiat Membasmi Komedo dengan Kombinasi Baking Soda dan Pore Pack

Minggu, 11 Maret 2018 14:56 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Komedo di wajah yang sulit untuk dihilangkan memang bikin kesal. Komedo sendiri adalah benjolan (papula) kecil pada permukaan kulit yang berwarna hitam. Komedo merupakan jenis jerawat yang tergolong ringan yang umumnya muncul pada wajah.

Komedo dapat muncul di bagian kulit mana pun. Namun, kasus yang sering terjadi komedo tumbuh di bagian hidung. Memiliki komedo, terutama di bagian hidung, kadang mengganggu sekali buat kebanyakan perempuan.

Tidak heran berbagai cara pun digunakan untuk menghilangkan komedo yang membandel. Salah satunya dengan menggunakan pore pack yang banyak dijual di pasaran.

Sayangnya, kinerja pore pack sering kali kurang maksimal dalam mengangkat komedo. Lalu, bagaimana cara agar kerja pore pack yang kita gunakan menjadi maksimal dalam mengangkat komedo?

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan baking soda. Kandungan exfoliate yang ada pada baking soda berguna untuk menghilangkan sel-sel kulit mati sehingga dapat memaksimalkan kerja pore pack.

Penasaran bagaimana cara mudah menggunakan baking soda untuk membantu kinerja pore pack agar menjadi maksimal? Ini dia langkah-langkahnya.

Baca juga:5 Tips Mudah Membersihkan Komedo di HidungCara Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami  

1. Bersihkan mukaSebelum menggunakan pore pack, pastikan wajah bersih dari segala macam make up. Bersihkan muka secara menyeluruh dengan sabun muka atau alat pembersih lain yang biasa digunakan.

2. Siapkan air hangat dan handuk kecilAir hangat digunakan untuk membuka pori-pori wajah karena dengan terbukanya pori-pori wajah maka proses pengangkatan komedo pun akan lebih mudah. Caranya, basuh air hangat pada handuk kecil yang sudah disiapkan kemudian peras. Lalu, tekankan handuk ke bagian-bagian wajah yang ingin diangkat komedonya, lakukan dua kali, masing-masing sekitar 10-15 detik.

3. Gunakan baking sodaCara penggunaan Baking Soda sangatlah mudah. Tuang bubuk baking soda secukupnya ke tangan lalu teteskan air hangat secukupnya sampai teksturnya menjadi seperti scrub dan oleskan pelan-pelan ke area yang akan diangkat komedonya.

Aplikasikan dengan cara memijat pelan-pelan baking soda di area tersebut, cukup dengan dua jari selama kurang lebih 15-20 detik. Namun, bagi yang berkulit sensitif atau terasa perih saat pengaplikasian baking soda, cukup gunakan selama 10 detik. Setelah itu bilas dengan air hangat.

4. Gunakan pore packSebelum menggunakan pore pack, pastikan area yang akan dipasang pore pack basah. Misalnya, Anda akan mengangkat komedo di bagian hidung, maka basahi bagian hidung dengan air hangat lalu pasang pore pack dengan tangan yang kering. Setelah terpasang, diamkan sampai pore pack mengeras selama 15-20 menit.

5. Lepas pore pack dan tutup kembali pori-pori wajahSetelah dirasa sudah cukup, lepas pore pack secara perlahan dengan cara ditarik dari bagian bawah terlebih dahulu. Setelah itu tutup pori-pori dengan air dingin atau es batu. Jika dirasa memuaskan, anda dapat mengaplikasikan dua minggu sekali atau seminggu sekali disesuaikan dengan karakter kulit anda.