Mau Berat Badan Turun Usai Operasi Caesar? Ada 8 Tipsnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi olahraga berlebihan. shutterstock.com

Ilustrasi olahraga berlebihan. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setelah melahirkan dengan operasi caesar, tubuh membutuhkan waktu untuk pulih sampai 12 minggu. Ini lebih lama dibanding dengan yang melahirkan normal, yang perlu enam sampai delapan minggu. 

Baca juga: Peneliti: Jumlah Kelahiran secara Caesar Naik 2 Kali Lipat

Profesor rekanan di bagian kebidanan umum dan ginekologi di Universitas North Carolina, Cristina Munoz, mengatakan operasi caesar termasuk jenis operasi besar. Saat jahitan sembuh, rahim akan kembali ke ukuran normal. Tubuh akan melepaskan cairkan tambahan yang disimpan selama kehamilan. 

Namun, tentu saja menunggu tubuh kembali ke ukuran awal sangat tidak nyaman. Mengutip laman Women's Health, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan secara sehat dan aman. 

1. Sabar
Pemulihan pasca-operasi caesar butuh waktu. Sampai tubuh benar-benar pulih, Anda tidak boleh beraktivitas yang berlebihan. Jadi, prioritaskan kesehatan Anda, makan makanan sehat, dan minum air putih yang banyak.

2. Menyusui
Menyusui dapat membakar sekitar 300 hingga 500 kalori per hari. Ibu menyusui butuh sekitar 2.500 kalori per hari menurut American College of Obstetricians and
Gynaecologists (ACOG). Kurang dari itu dapat memengaruhi suplai ASI Anda, dan padavgilirannya, memengaruhi bayi Anda.vJadi jangan sampai Anda memangkas kalori demi mendapatkan tubuh ideal, tetap makanvseperti biasa namun pilihlah makanan sehat dan berat badan akan mulai berkurang dengan
sendirinya.

3. Jangan diet
"Ini bukan waktu yang tepat untuk membatasi makanan, jadi cobalah untuk mempertimbangkan cara untuk menambahkan nutrisi ke dalam hari Anda, daripada menghilangkan nutrisi," kata Alyssa Lavy, RD. Itu berarti fokus pada makanan padat nutrisi, seperti buah-buahan, sayurmayur, dan biji-bijian.

4. Tidur cukup
Kurang tidur tidak hanya akan memengaruhi produksi ASI, tetapi juga metabolisme, pilihan makanan, dan rasa lapar. Jika tidak cukup tidur, Anda akan tergoda untuk ngemil camilan yang tidak sehat dan bergizi rendah untuk meningkatkan energi dengan cepat, terutama karena memasak butuhkan waktu dan energi — dua hal yang tidak dimiliki banyak ibu baru.

Selanjutnya...#5. Minum air yang banyak

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."