4 Resep Makanan yang Simpel buat Anak Kos

nasi goreng1 (pixabay.com).jpg

kuliner

4 Resep Makanan yang Simpel buat Anak Kos

Jumat, 15 Februari 2019 16:19 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Para perantau di kota atau bahkan negeri seberang demi mengecap pendidikan atau bekerja, pasti sering mengalami kebingungan saat harus menentukan menu makan. Entah karena bosan dengan menu yang itu-itu saja, tak tahu harus memasak apa, atau sekedar merindukan masakan rumah.

Beberapa resep menu simpel ini bisa dijadikan pertimbangan saat menentukan menu makan setiap hari. Resepnya sangat mudah dan buat anak kos yang memiliki dapur bisa memanfaatkan resep-resep ini.

Resep lain:Resep Yakitori Paprika, Mudah Dibuat Sulit DilupakanPenggemar Ayam dan Yoghurt, Wajib Coba Resep Tandoori Chicken

1. Nasi liwet sederhanaBahan: - 2 lembar daun salam- 1 cm lengkuas- 1 batang serai- 2 siung bawang merah- 1 siung bawang putih- 2 cup beras- 1/2 sdt garam- 1 sdm minyak sayur- Teri secukupnya- 4 buah cabai- Air secukupnya

Cara membuat: - Cucilah beras sampai bersih terlebih dulu dan kemudian sisihkan- Cuci semua bumbu yang diperlukan- Masukkan teri ke dalam wadah yang akan digunakan untuk mengukus dan sudah berisi beras yang telah dicuci, tambahkan air secukupnya dan aduk, sertakan garam dan minyak sayur

- Masukkan bawang merah, bawang putih, serai yang sudah dimemarkan, lengkuas yang sudah dimemarkan, dan daun salam. Setelah itu hidupkan penanak nasi pada menu memasak dan jangan diaduk. Biarkan sampai nasi matang.

- Buat penyuka pedas bisa mencoba membuat sambal liwet sendiri dengan mengulek bawang merah, bawang putih, cabai, dan tambahkan terasi.

Ilustrasi Sayur Asam. antaranews.com

2. Sayur asam ala anak kosBahan: - 1 buah jagung manis dipotong-potong- Daun melinjo secukupnya- Kacang panjang dipotong sekitar 2-4 cm secukupnya- 1/2 labu siam dipotong dadu- 1 bungkus bumbu racik sayur asem- Gula secukupnya- Bumbu penyedap rasa sapi- 10 buah cabai atau sesuai selera. - Air secukupnya

Cara membuat:- Rebus air secukupnya dan masukkan jagung, daun melinjo, labu siam, cabai, dan kacang panjang. Rebus hingga labu siam melunak.

- Tambahan racik bumbu sayur asam, penyedap rasa, dan gula secukupnya.

- Tunggu hingga bumbu meresap, cek dengan merasakan sedikit kuah sayur atau melihat warna kuah yang agak coklat.

3. Tomyam sederhanaBahan:- Bakso salmon- Bakso tuna- Cabai rawit sesuai selera- 4 buah cabai merah- Lada- Ketumbar- 1 ruas jari jahe- Serai- 4 siung bawang merah- 3 siung bawang putih- Gula- Garam- Minyak sayur

Cara membuat: - Bersihkan isi cabai merah dan pisahkan menjadi dua bagian, sebagian untuk bumbu dan sebagian yang lain untuk hiasan.

- Haluskan bumbu, bawang merah, bawang putih, cabai merah, ketumbar, dan jahe.

- Panaskan minyak di wajan, kemudian tumis bumbu yang sudah halus hingga wangi.

- Tuangkan air pada tumisan tersebut, serta masukkan bakso salmon dan bakso tuna disertai serai yang sudah dimemarkan.

- Tunggu sampai mendidih dan hidangkan dengan hiasan cabai merah.

4. Nasi goreng tanpa minyakBahan: - 1 gelas beras - Air secukupnya- 1 bungkus bumbu nasi goreng instan- Sedikit garam- Pelengkap nasi goreng, seperti sosis, bakso, ayam, telur, sayuran, atau apapun sesuai selera

Cara membuat:- Cuci beras terlebih dulu kemudian masukkan ke dalam penanak nasi bersama dengan air dan tekan tombol memasak.

- Saat penanak sudah mengeluarkan asap namun masih menunjukkan aktivitas memasak, masukkan bumbu nasi goreng instan beserta pelengkap sesuai dengan selera dan aduk merata.

- Biarkan hingga lampu penanak nasi menunjuk pada menu hangat, lalu biarkan 10 menit sebelum menghidangkan nasi goreng tersebut.

TEEN