Bukan Kapuk atau Kapas, Inilah Isi Bantal Ternyaman untuk Tidur

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi bantal. abshul.org

Ilustrasi bantal. abshul.org

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kenyamanan adalah faktor utama tidur yang nyenyak. Selain suasana kamar, pencahayaan, dan tempat tidur, bantal juga faktor penting penunjang kenyamanan tidur.

Lalu, bahan apa saja yang terbaik untuk membuat penyangga kepala saat tidur ini terasa nyaman? Berikut di antaranya.

Artikel lain:
Penyebab Bertambahnya Rasa Sakit bila Kurang Tidur
Perempuan Lebih Baik Tidur Sendiri, Ketahui Sebabnya

#Bulu angsa
Bulu angsa terkenal sangat halus, terutama pada bagian leher. Oleh karena itu, bahan ini menjadi pengisi bantal yang digunakan keluarga kerajaan dan masyarakat Eropa sejak dulu. Semakin banyak komposisi bulu bagian leher angsa pada bantal, maka semakin nyaman bantal yang didigunakan, sekaligus semakin mahal harganya. Namun, perlu diperhatikan juga buat ang alergi bulu dan debu, sebaiknya tidak menggunakan bantal bulu angsa.

#Memory foam
Memory foam merupakan bahan bantal yang terbuat dari bahan sejenis busa bernama polyurethane. Karena sifatnya yang memerlukan waktu untuk kembali ke bentuk semula setelah ditekan, maka bahan ini diberi nama memory foam. Bantal dari bahan ini juga terkenal akan kenyamanannya karena strukturnya yang sangat  lembut dan akan mengikuti bentuk kepala dan leher saat digunakan. Selain itu, bantal ini mudah menyerap keringat dan tidak mudah berdebu sehingga meminimalkan risiko alergi.

Ilustrasi anak tidur. Shutterstock

#Dakron
Dakron merupakan bahan sintetis berasal dari serat plastik yang umun digunakan untuk menggantikan kapas ataupun kapuk. Ada beberapa jenis dakron yang digunakan untuk mengisi bantal. Dakron paling nyaman digunakan sebagai bahan pengisi bantal adalah jenis serat poliester silikon karena memiliki serat dengan daya kembang yang tinggi, teksturnya halus, serta ringan. Sedangkan dakron silikon dan regular adalah jenis dakron dengan kualitas dibawah dakron serat poliester fiber.

#Lateks
Lateks merupakan bahan yang berasal dari getah karet, memiliki tektur kenyal karena adanya lubang-lubang sebagai pengatur kekenyalan. Bahan ini cenderung lebih keras dan rata jika dibandingkan dakron. Walaupun demikian, lateks adalah bahan bantal yang nyaman karena terasa dingin meskipun dipakai di tempat panas. Selain itu, lateks alami juga memiliki sifat antibakteri dan antitungau karena kandungan getahnya yang tinggi sehingga cocok untuk yang alergi.

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."