Merayakan Tahun Baru Imlek dengan Tradisi Salad Yee Sang

Reporter: Astari Pinasthika Sarosa
Editor: Yayuk Widiyarti
Selasa, 5 Februari 2019 10:06 WIB
Merayakan Tahun Baru Imlek dengan Tradisi Salad Yee Sang

CANTIKA.COM, Jakarta - Merayakan Tahun Baru Imlek yang jatuh pada 5 Februari 2019, ada beberapa hal seru yang bisa dilakukan keluarga. Salah satu cara untuk merayakan pergantian tahun ini adalah dengan makan salad Yee Sang bersama keluarga.

Salad Yee Sang bukan salad biasa, karena setiap bahan di dalam salad ini memiliki makna sendiri dan ada cara spesifik untuk mengaduknya.

“Tradisi Tahun Baru Cina salah satunya Salad Yee Sang, itu simbolik untuk satu keluarga. Sebenarnya tidak semua keluarga Cina pakai tradisi Yee Sang ini, tetapi lebih terkenal di Cina perantauan atau peranakan di Asia Tenggara,” jelas Aulia Fariz, Koki Dapur Utama La Brasserie Restaurant HotelLe Meridien, Jakarta Pusat.

Baca juga:
Dilarang Menangis dan Menjahit saat Imlek, Ini Alasannya

Tradisi salad Yee Sang ini seringkali dilakukan bersama-sama dengan keluarga untuk meningkatkan kemakmuran bersama. Bahan yang digunakan untuk salad ini sebenarnya cukup sederhana.

“Ada manisan dan ada acar-acar, ada daun bawang, wortel, lobak, ubur-ubur, dan biasanya ada seafood, bisa salmon atau tuna seringnya,” lanjut Koki Aulia.

Yee Sang. TEMPO/Silvy Riana Putri

Hal pertama yang sering dilakukan oleh kepala keluarga adalah memberikan lemon ke ikan atau jenis makanan laut lain dengan harapan kalau kebersamaan dan ketentraman selalu ada di keluarga. Lalu, letakkan bumbu-bumbu lain di atas makanan laut yang ada dan diaduk. Hal tersebut adalah tanda untuk mendoakan kemudahan dan kelancaran dalam hidup.

Selanjutnya, keluarga bisa mulai meletakkan ikan ke atas salad Yee Sang sebagai doa untuk rezeki yang bertambah setiap tahun. Tambah minyak di atas salad, dengan doa untuk terus menambahkan kekayaan. Setelahnya adalah saus plum untuk menandakan kedamaian dan kebahagiaan yang selalu menyertai keluarga dan diri sendiri.

Artikel lain:
Imlek 2019, Yuk Simak Ramalan Shio Babi, Ular, dan Lainnya

Jangan lupa untuk menambahkan semacam kerupuk atau crackers untuk mendoakan kehidupan yang berkilau bagai emas. Terakhir adalah untuk memasukkan jahe di bagian tengah dengan doa agar keberuntungan selalu menyertai Anda dan keluarga. Lalu, semua anggota keluarga bisa ikut mengaduk Yee Sang bersama.

“Semakin tinggi angkatan Anda, semakin tinggi pula kemakmuran Anda,” tutur Arditiya Chandra Putra, Marketing Communications Manager Le Meridien.