Dilarang Menangis dan Menjahit saat Imlek, Ini Alasannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi Imlek. Shutterstock

Ilustrasi Imlek. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat merayakan Imlek atau Lunar New Year, ada lima hal yang perlu dihindari agar rezeki tetap lancar. Perayaan tahun baru Imlek jatuh pada 5 Februari 2019. Hiasan berupa lampion dan boneka-boneka khas Imlek sudah terpasang di pinggir jalan hingga di dalam mal-mal.

Di balik kemeriahan perayaan Tahun Baru Imlek, ternyata ada beberapa larangan yang patut dihindari supaya rezeki tetap lancar. Berikut lima larangan tersebut.

Artikel terkait:
Aneka Makanan Keluarga saat Imlek, Diyakini Membawa Keberuntungan
Imlek 2019, Yuk Simak Ramalan Shio Babi, Ular, dan Lainnya

#Menjahit
Kegiatan menjahit ternyata disarankan untuk tidak dilakukan ketika perayaan Imlek. Lebih tepatnya para wanita disarankan untuk tidak melakukan kegiatan yang berhubungan dengan jarum. Hal itu dikarenakan persepsi masyarakat Tionghoa yang beranggapan bahwa hal itu dapat mendatangkan nasib buruk.

#Makan bubur
Banyak orang Tionghoa juga memiliki kepercayaan bahwa makan bubur ketika perayaan Imlek dapat menjauhkan dari rezeki. Mereka menganggap bahwa makan bubur di pagi hari merupakan kebiasaan orang-orang miskin.

#Memakai baju hitam putih
Ada juga larangan berpakaian ketika perayaan Imlek berlangsung. Mereka yang merayakan Imlek diharuskan untuk tidak memakai baju berwarna hitam dan putih karena dua warna itu menggambarkan suasana berkabung. Di sisi lain, memakai pakaian hitam dan putih juga dianggap mengundang hal-hal buruk.

Baca juga:
Imlek 2019, Ini Ramalan Shio Naga, Tikus, Kelinci, dan Kerbau

#Mencuci baju
Mencuci baju ternyata juga dilarang saat merayakan Imlek. Menurut kepercayaan Tionghoa, mencuci baju di hari pertama dan kedua perayaan Imlek akan membuat Sang Pencipta marah.

#Menangis
Menangis di perayaan Imlek juga termasuk larangan yang harus dipatuhi. Masyarakat Tionghoa percaya bahwa menangis ketika perayaan Imlek bisa mendatangkan hal-hal buruk serta menjauhkan seseorang dari rezeki.

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."