7 Cara yang Bisa Kamu Lakukan Supaya Resolusi 2019 Tercapai

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi wanita karir yang bersemangat. shutterstock.com

Ilustrasi wanita karir yang bersemangat. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kamu tentu menyiapkan daftar resolusi yang ingin dicapai sepanjang tahun 2019. Awal tahun, kamu akan merasa penuh harapan dan termotivasi untuk memiliki tahun terbaik.

Baca juga: Belum Punya Resolusi 2019? Ambil 6 Inspirasi dari Meghan Markle

Tapi ketika sampai di bulan Maret, kamu mungkin mulai kehilangan semangat dan fokus. Supaya resolusi yang sudah disiapkan tercapai, ada beberapa kiat yang dapat dilakukan untuk mewujudkan resolusi, seperti dikutip dari laman Purewow berikut ini.

#1. Terapkan tujuan yang spesifik
Ubahlah pernyataan yang luas itu menjadi tujuan yang dapat diukur. Misalnya, alih-alih mengatakan bahwa kamu akan menurunkan berat badan, katakan kamu akan menurunkan sebanyak 5 kilogram. Contoh lainnya, Anda bersumpah untuk tetap berhubungan lebih baik dengan nenek kamu tahun ini, putuskan untuk meneleponnya seminggu sekali. Semakin spesifik tujuan, semakin baik dapat melacak apa saja yang sudah dilakukan.

#2. Libatkan teman
Dengan teman, resolusi terasa lebih menyenangkan. Misalnya, ingin berolahraga dua kali seminggu di 2019? Jadwalkan dengan seorang teman. Bekerja sama dengan kolega dan mencoba tantangan produktivitas di kantor — matikan semua email dan pemberitahuan media sosial selama satu jam dan komit waktu itu untuk mengerjakan tugas. 

#3. Tetapkan jadwal
Fakta: kamu tidak akan pernah dapat menemukan waktu untuk melakukan sesuatu. Ini adalah pilihan harian yang harus dibuat sendiri. Baik itu mencoba menyimpan tabungan dengan nilai tambahan tertentu tahun ini atau menjaga kebersihan rumah, jadwalkan waktu di kalender. Kemudian, perlakukan mereka seperti janji atau tenggat waktu kerja yang tidak boleh dilewatkan.

#4. Membagikan dengan orang lain
Boleh saja membagikan sesuatu yang dilakukan dari resolusi itu. Tapi jangan terlalu berlebihan. Tidak lebih dari sekali dalam sehari, dan pilih salah satu platform, bukan Facebook, Twitter dan Instagram.

#5. Perhatikan kemajuan yang telah dilakukan
Dengan melihat kemajuan — tidak peduli semudah apa pun — akan memotivasi kamu untuk terus berjalan, dan memberi tahu kapan kamu mungkin perlu menyesuaikan kembali rencana itu.

#6. Beri hadiah untuk diri sendiri
Siapkan hadiah untuk diri sendiri setiap kali berhasil mencapai sesuatu. Pastikan saja apa pun itu tidak menggagalkan kerja kerasmu.

#7. Sabar
Mewujudkan sesuatu butuh proses dan waktu. Kadang-kadang, setelah hari yang panjang di tempat kerja, kamu akan melewatkan olahraga atau waktu nonton serial televisi kesayangan. Ini bukan berarti gagal mencapai tujuan. Kamu dapat memulainya keesokan harinya dengan lebih bersemangat. 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."