William Wongso Ungkap 4 Kelebihan Memasak di Oven

Ilustrasi pizza dalam microwave. wikihow.com

kuliner

William Wongso Ungkap 4 Kelebihan Memasak di Oven

Rabu, 30 Januari 2019 21:44 WIB
Reporter : Silvy Riana Putri Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada beragam cara memasak di atas kompor, mulai dari menumis, mengukus, menggoreng, merebus, ataupun poaching. Ada pula pilihan memasak di dalam oven.

Kebanyakan orang kerap menggunakan oven untuk kebutuhan memanggang kue atau ayam dan daging. Tapi, ternyata kuliner khas Indonesia bisa dimasak dengan oven. Contohnya pepes, gulai ayam, dan pengempukan daging rendang.

Artikel lain:Tiga Cara Beda Memasak Daging Kambing Kurban Idul Adha

“Oven itu salah satu pilihan metode masak yang praktis. Bisa jadi solusi untuk para ibu bekerja yang memiliki asisten rumah tangga tak pandai masak. Untuk ibu rumah tangga, oven juga bermanfaat untuk memangkas ritual panjang memasak,” kata pakar kuliner William Wongso saat ditemui di Jakarta Selatan, Rabu, 30 Januari 2019.

Lalu, apa saja kelebihan memasak di oven? Ketika memasak dengan oven, panasnya merata dan hanya diperlukan mengaduk setengah jam sekali untuk olahan tertentu.

“Saat memasak di atas kompor, panasnya hanya datang dari bawah. Oleh karena itu, kita harus mengaduk secara berulang untuk mencegah overcooked ataupun gosong. Di oven panasnya datang dari segala sisi dan terkontrol temperaturnya,” tuturnya.

Ahli kuliner William Wongso. TEMPO/Dwianto Wibowo

Kelebihan kedua dari memasak di oven adalah bisa disertai memasak hidangan lain atau menyelesaikan pekerjaan rumah tangga yang belum tuntas. Ketika memasak ayam dan ikan di oven teksturnya tidak rusak.

“Kalau ayam dan ikan dimasak dalam temperatur tinggi memang empuk, tetapi teksturnya rusak. Mengapa? Kolagennya jadi keluar karena panas,” ucap William.

Terakhir, di dalam satu oven bisa memasak dua hidangan sekaligus. Misalnya, saat memasak gulai ayam dan pepes.

“Gulai ayam bisa dimasak bersamaan dengan pepes ikan atau udang di dalam oven. Pepes 100 gram baik ikan maupun udang bisa masak dalam oven selama 10-15 menit di temperatur 120 derajat celcius," jelasnya.

Di temperatur yang sama, kita bisa memasak satu wajan gulai paha ayam selama 60-90 menit. Tidak perlu takut temperaturnya berubah ketika kita mengambil pepes atau mengecek ayam sebab hanya butuh waktu di bawah satu menit untuk melakukannya. Proses itu tidak akan menganggu temperatur,” tambahnya.

Baca juga:Cara Masak Kalajengking yang Aman dan Jadi Keripik