Trik agar Ngemil Jadi Lebih Sehat

Ilustrasi ngemil di kantor. shutterstock.com

kesehatan

Trik agar Ngemil Jadi Lebih Sehat

Rabu, 30 Januari 2019 16:00 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Food craving adalah keinginan untuk makan makanan tertentu. Meski seseorang sudah kenyang sekalipun, food craving akan membuat ia mau makanan yang diinginkan.

Biasanya, seseorang akan merasa craving pada makanan-makanan tinggi gula, garam, lemak atau makanan siap saji. Keinginan makan makanan tertentu memang sulit untuk dilawan, namun bukan berarti tidak ada cara agar perasaan craving terpuaskan.

Baca juga:Tips Ngemil Cerdas Tanpa Rasa BersalahPesan Psikolog Supaya Ngemil Tetap Terkontrol

Seperti dilansir Medical News Today, biasanya orang merasa craving pada makanan seperti keripik kentang, cokelat, permen, kue, soda, dan keju. Berikut adalah daftar makanan pengganti camilan yang lebih sehat agar tak melulu merasa bersalah karena ingin ngemil.

1. Keripik kentangGanti kripik kentang dengan camilan gurih dan asin yang kaya lemak baik dan protein, seperti kacang mede dan kenari. Selain kacang-kacangan, berondong jagung juga bisa digunakan untuk mengganti keripik kentang.

2. CokelatOrang yang ingin makan cokelat adalah sinyal butuh magnesium. Ganti cokelat dengan makanan tinggi magnesium seperti almond. Namun jika masih ingin makan cokelat, maka pilih cokelat hitam dengan kandungan 70 persen kakao dan tanpa susu. Cokelat hitam membuat kenyang lebih cepat dibanding cokelat biasa.

Ilustrasi keripik kentang. Shutterstock

3. Permen dan kueIngin makan permen adalah tanda ingin menambah asupan gula. Namun, daripada permen atau kue, makanlah buah-buahan yang manis seperti buah persik, ceri, atau melon.

4. SodaSoda sangat tinggi gula. Lebih baik meminum air putih atau jus buah untuk memuaskan keinginan minum soda. Jeruk juga bisa mengurangi perasaan ingin meminum soda.

5. KejuMakanan yang bertabur keju memang menggoda. Namun, terlalu sering makan keju tak baik untuk kesehatan.Daripada menaburkan parutan keju di atas makanan, lebih baik menggunakan kaldu jamur yang kaya vitamin B kompleks, asam folat, dan vitamin B12.

AURA