6 Gerakan Bebersih Rumah yang Bisa Dilakukan Sambil Olahraga

Reporter: Tabloid Bintang
Editor: Rini Kustiani
Minggu, 2 Desember 2018 16:00 WIB
6 Gerakan Bebersih Rumah yang Bisa Dilakukan Sambil Olahraga

CANTIKA.COM, Jakarta - Membersihkan rumah biasanya dilakukan dengan gerakan yang monoton. Mencuci piring dengan berdiri, mengepel berdiri dengan menggunakan tongkat, dan mencuci dengan mesin lalu ditinggal menonton televisi.

Baca: Tips Merawat Karpet Supaya Awet Bagus

Ada baiknya kamu mencoba enam gerakan berikut sembari membersihkan rumah. Selain rumah jadi rapi dan bersih, tubuhmu juga sehat. Jadi, aktivitas membersihkan rumah apa saja yang bisa dilakukan sambil berolahraga?

1. Berjinjit saat mencuci piring

Latih otot kaki yang cenderung stagnan saat sedang mencuci piring. Caranya, buka kedua kaki selebar bahu kemudian berjinjit. Secara perlahan, kembali ke posisi semula. Ulangi sampai 20 kali atau teruskan sampai cucian piring selesai.

2. Mengepel dengan merangkak

Sisihkan tongkat pel. Ambil ember dan selembar kain pel kemudian lap lantai dengan cara zaman dulu. Ambil posisi merangkak dan tarik otot perut ke dalam. Pel lantai dengan variasi gerakan. Mulai dari mendorong lap ke depan dan ke belakang sampai gerakan memutar. Biar lebih seru, lakukan gerakan ini sambil diiringi musik.

3. Mengangkat belanjaan

Tak perlu barbel untuk membentuk otot lengan. Kamu bisa menggunakan kantong belanja yang berisi berbagai belanjaan. Sembari menenteng kantong belanjaan, tarik kepalan tangan ke arah bahu. Ulangi sampai 10 kali. Lakukan secara bergantian dengan tangan yang satunya lagi.

4. Cuci baju sambil push-up

Mesin cuci sudah menyala dan sedang menggiling, jangan langsung pergi ke depan televisi. Coba lakuan push-up dengan bantuan mesin cuci. Caranya, ambil posisi agak mundur beberapa langkah dari mesin cuci. Tempatkan kedua tangan pada mesin cuci. Posisi tangan terbuka selebar bahu. Tekuk bahu secara perlahan dan dorong dada ke arah mesin cuci. Kembali ke posisi semula lalu ulangi sampai 20 kali.

5. Squat ketika mengambil barang

Berhenti mengambil barang di lantai dengan berjongkok atau membungkuk. Mulai sekarang, ambil barang dengan gaya olahraga, yakni squat. Lakukan squat dengan menekuk lutut seolah akan duduk di kursi. Tahan posisi selama 10-15 detik. Gerakan ini efektif melatih otot kaki dan bokong.

6. Merapikan rak sambil plank

Ambil posisi seperti berbaring dengan wajah menghadap ke bawah sambil menata rak yang berantakan. Sebelum menata rak, bersiaplah dalam posisi plank. Dari posisi merangkak, angkat kedua lutut hingga tubuh bertumpu pada jari-jari kaki. Kedua telapak tangan menyentuh lantai dan terbuka selebar bahu. Gunakan salah satu tangan untuk memungut barang dan meletakkannya pada rak. Pastikan tubuh tidak condong ke salah satu sisi.

AURA