Tanpa Disadari, 5 Kebiasaan Ini Memicu Jerawat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi wanita kesal dengan jerawat. shutterstock.com

Ilustrasi wanita kesal dengan jerawat. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jerawat adalah masalah kulit yang sering dialami banyak perempuan. Kalau sudah muncul, pasti jerawat bikin gemas karena mengganggu penampilan.

Penyebab jerawat pun bermacam-macam. Ada yang memang disebabkan oleh hormon, ada juga akibat kebiasaan-kebiasaan kecil yang sering kita lakukan. Berikut beberapa kebiasaan yang bisa memicu timbulnya jerawat.

Baca juga:
Sudah Bersihkan Wajah Masih Jerawatan, Cek Kesalahannya Berikut
Jerawat Hormon Sembuhnya Lebih Lama? Ini Fakta Lainnya

#Mencuci wajah terlalu sering
Mencuci wajah harus dilakukan untuk menjaga kulit agar selalu bersih. Tapi kalau dilakukan terlalu sering, mencuci wajah justru bisa memicu timbulnya jerawat. Dikutip dari WebMD, menurut ahli dermatologi asal New York, Amerika Serikat, Whitney Bowe, terlalu sering mencuci muka dapat memangkas minyak alami yang diproduksi kulit sehingga kulit menjadi kering dan sensitif. Kondisi ini memicu produksi minyak secara berlebihan yang rentan menimbulkan jerawat.  

Ilustrasi cuci muka. Shutterstock

#Jarang mengganti seprai dan sarung banta
Kasur juga bisa menjadi tempat berkumpulnya debu dan bakteri. Bakteri yang mengendap di seprai dan sarung bantal otomatis membuat kasur tidak higienis. Padahal, kita selalu menempelkan wajah selama berjam-jam saat tidur. Coba lebih rajin mengganti seprai dan sarung bantal, setidaknya seminggu atau dua minggu sekali.

#Malas keramas 
Jarang mencuci rambut atau keramas membuat minyak dan kotoran menempel pada rambut. Bila rambut menyentuh wajah, maka seluruh kotoran yang ada di rambut akan berpindah ke wajah dan menimbulkan jerawat. Apalagi buat yang memiliki poni, bagian dahi tentu jadi tempat favorit jerawat. Solusinya, keramas lebih rutin sesuai dengan kondisi kulit kepala. Sebaiknya hindari poni agar kotoran dan keringat tidak menumpuk di dahi.

Artikel lain:
Sering Bermasalah dengan Jerawat, Ketahui 5 Mitos dan Faktanya

 

#Sering menyentuh wajah dengan tangan 
Kebiasaan menggaruk wajah, menyentuh pipi, atau sekadar menopang dagu tanpa kita sadari bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Kotoran dan bakteri yang menempel di tangan mudah berpindah ke area wajah.

Mulai sekarang coba kurangi kebiasaan menyentuh wajah. Kalau memang harus menyentuh, jangan lupa cuci tangan terlebih dulu menggunakan sabun atau pakai hand sanitizer untuk memastikan tangan dalam keadaan bersih.

#Tidak mengganti handuk
Kalau menggunakan satu handuk untuk mengeringkan badan dan wajah sekaligus, bisa jadi itu yang menyebabkan jerawat. Handuk mandi bisa menjadi tempat berkumpulnya bakteri. Sebaiknya bedakan handuk untuk mandi dan untuk mengeringkan wajah. Jangan lupa untuk mengganti handuk secara berkala, paling tidak seminggu sekali.

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."