Ingin Membuat Produk Pembersih Sendiri, Perhatikan Dulu Hal Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi cairan desinfektan atau cairan pembersih. shutterstock.com

Ilustrasi cairan desinfektan atau cairan pembersih. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak orang memilih membuat sendiri produk pembersih, seperti cairan pembersih kaca, pembersih lantai, pembersih karpet, atau pembersih noda membandel di baju.

Membuat produk pembersih sendiri memang bisa memberi manfaat, antara lain mengurangi sampah botol plastik, menurunkan penggunaan bahan kimia di rumah, dan tentunya menghemat uang.

Artikel lain:
Jangan Asal Pakai Produk untuk Rambut, Waspadai yang Berbahaya
Safi, Produk Kecantikan dari Malaysia Hadir di Indonesia

Namun jika Anda termasuk yang hobi meramu sendiri produk pembersih rumah, jangan lupa untuk membuat dan menyimpannya dengan aman sebab jika tidak berhati-hati, ada bahaya yang mengintai.

Carolyn Forte, direktur divisi perabotan rumah tangga dan produk pembersih di majalah Good Housekeeping di Amerika Serikat menyarankan untuk meletakkan produk pembersih buatan sendiri di dalam kemasan yang aman, tidak mudah tumpah, dan diberi label. Perlu diingat pula untuk meletakkan produk pembersih rumah di tempat yang jauh dari jangkauan anak.

Baca juga:

Shandy Aulia Luncurkan Produk Kosmetik, Namanya SA Naturel

“Meletakkan cairan pembersih rumah buatan sendiri di dalam toples kaca tanpa diberi label sangat berbahaya, terutama jika ada anak kecil di rumah,” ujar Forte.

“Dan berhati-hatilah, jangan mencampur produk pemutih dengan cairan apapun kecuali air sebab beberapa kombinasi bisa berbahaya,” tegasnya.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."