Jangan Asal Pakai Produk untuk Rambut, Waspadai yang Berbahaya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi keramas.netdna-cdn.com

Ilustrasi keramas.netdna-cdn.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Memilih produk kecantikan yang bagus tapi tidak bersahabat dengan kesehatan sering memunculkan dilema. Keinginan kita tentu saja membeli produk yang bagus tapi aman buat kesehatan tapi sering kali kita tak mampu menahan godaan iklan atau iming-iming produsen.

Contohnya adalah produk riasan wajah yang sering menyebabkan jerawat atau iritasi. Hal yang sama juga terjadi pada produk perawatan rambut, yang sering tidak sebagus apa yang diklaim produsennya. Pasalnya, tak sedikit produk perawatan rambut yang mengandung zat-zat berbahaya bagi kesehatan. Produk-produk apa saja itu? Berikut penjelasan Cheat Sheet.

Artikel lain:
Yuni Shara Kembali, Rambut Bondol dengan Sentuhan Modern
Rambut Denada Panjang dan Indah, Tips Merawat Hair Extension 
Rambut Keriting Identik dengan Kusut, Simak Tips Wizzy Williana
Ramuan Jahe Bikin Rambut Subur dan Usir Ketombe

1. Pewarna rambut hitam permanen
Enviromental Working Group menyarankan untuk mengurangi penggunaan pewarna rambut permanen dengan warna gelap. Pasalnya, produk tersebut mengandung zat berbahan dasar tar batu bara, seperti aminofenol, diaminobensen, dan fenilendiamin, yang bisa menyebabkan kanker. Pihak berwenang di Eropa sudah melarang zat-zat ini dari produk pewarna rambut.

2. Produk mengandung pewangi
Pewangi banyak ditemui pada produk-produk perawatan rambut tapi sebisa mungkin hindarilah. Pasalnya, pewangi bisa terdiri dari ribuan zat dan kita tak tahu apa saja yang bisa membuat alergi.

3. Pelurus rambut berbahan kimia
Hindari pula pelurus rambut yang mengandung bahan kimia karena bisa jadi zat yang digunakan keras atau beracun. Contohnya adalah formaldehid, pengawet yang mengandung karsinogen dan bisa menyebabkan kanker.

4. Produk yang mengandung paraben
Banyak produk untuk rambut yang mengandung paraben, yaitu pengawet seperti estrogen yang biasa digunakan di produk-produk kosmetik. Paraben diklaim bisa merusak sistem endokrin dan menyebabkan masalah reproduksi.

Ilustrasi keramas. bebelu.ro

5. Peluntur warna yang mengandung rekorsinol
Rekorsinol adalah zat yang lazim digunakan pada pewarna atau peluntur warna rambut (bleaching). Padahal zat ini bisa menyebabkan iritasi kulit dan juga racun bagi sistem kekebalan tubuh serta sering menyebabkan alergi. Dalam sebuah penelitian pada hewan, rekorsinol diketahui bisa mengganggu fungsi tiroid.

6. Produk yang mengandung triklosan
Triklosan, atau pembunuh mikroba, umum terdapat pada sabun, sampo, dan penyemprot rambut. Zat ini sangat berbahaya bagi mahluk yang hidup di air dan menimbulkan kontaminasi. Triklosan bisa mengganggu fungsi tiroid dan hormon reproduksi dan terlalu sering memakai produk yang mengandung triklosan justru akan membuat bakteri kebal.

7. Produk yang mengandung phthalates
Zat kimia ini bisa membuat plastik lebih lentur dan lunak namun sering digunakan pada penyemprot rambut. Zat ini juga bisa mengganggu produksi endokrin dan dikaitkan dengan meningkatnya risiko kanker payudara, menumbuhkan payudara lebih awal pada anak perempuan, dan menyebabkan cacat lahir.

8. Produk berbahan dasar silikon atau alkohol
Produk berbahan dasar silikon atau alkohol mungkin tidak seberbahaya bahan lain yang sudah disebut di atas, tapi tetap saja buruk bagi kesehatan rambut.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."