Manfaat Kopi Hitam, Cegah Depresi dan Menurunkan Berat Badan

kesehatan

Manfaat Kopi Hitam, Cegah Depresi dan Menurunkan Berat Badan

Rabu, 23 Januari 2019 09:30 WIB
Reporter : Silvy Riana Putri Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, JakartaKopi salah satu jenis minuman yang paling sering dikonsumsi masyarakat Indonesia di setiap waktu. Varian rasa kopi tercipta seiring berjalannya perkembangan selera dan zaman. Meskipun kreasi terus berkembang, kopi hitam tidak ditinggalkan peminatnya. Dari generasi tua hingga millenial, baik laki-laki maupun perempuan setia menjadi penggemarnya.

Baca juga: Minum Kopi Kok Tubuh Malah Lesu, Mungkin Ini Penyebabnya

Selain alasan selera individu, menyeruput kopi hitam tanpa menambahkan gula, krim atau susu mampu mengurangi risiko diabetes dan obesitas. Anda bisa menuai aneka manfaat dari secangkir kopi hitam. Seperti dikutip dari laman Boldsky, berikut manfaat kopi hitam untuk menjaga kesehatan secara fisik maupun mental.

#1. Menurunkan berat badanKandungan kafein telah terbukti membantu proses pembakaran lemak dan meningkatkan laju metabolisme sebesar 3 hingga 11 persen. Sebuah studi menunjukkan efektivitas kafein dalam proses pembakaran lemak berkontribusi 10 persen pada orang gemuk dan 29 persen pada orang kurus.

#2. Melawan depresiPerempuan yang minum kopi hitam sebanyak 4 cangkir atau lebih dalam sehari mampu mengurangi 20 persen risiko depresi. Alasannya, kafein adalah stimulan natural yang bisa meningkatkan level dopamin, sehingga menyingkirkan gejala kecemasan dan depresi.

#3. Menurunkan risiko parkinsonBerdasarkan penelitian Profesor Achmad Subagio di Pusat Penelitian Universitas Jember diungkapkan bahwa meminum kopi hitam dua kali dalam shari mampu mencegah risiko penyakit Parkinson sebanyak 32-60 persen.Sebabnya, kandungan kafein menaikkan level dopamin. Mengingat penyakit ini mempengaruhi sel-sel saraf otak yang memproduksi dopamin.

#4. Meningkatkan daya ingatSalah satu keuntungan minum kopi hitam adalah meningkatkan fungsi memori karena membuat fungsi otak tetap terjaga. Studi menunjukkan minum kopi hitam menurunkan risiko penyakit Alzheimer hingga 65 persen.

#5. Membersihkan hatiKopi hitam juga bermanfaat untuk membersihkan hati dari racun dan bakteri yang keluar lewat urin. Kafein bersifat diuretik, yaitu membuat Anda sering buang air kecil. Penumpukan racun di hati bisa memicu kerusakan hati.  Dengan meminum kopi hitam mampu menurunkan risiko sirosis hati hingga 80 persen.

#6. Menurunkan risiko kankerKhasiat lain yang didapat dari minum kopi hitam adalah mencegah kanker hati dan usus besar. Dinyatakan kopi hitam bisa mengurangi risiko kanker hati hingga 40%. Sementara itu, studi lain menyebutkan bahwa orang yang minum 4-5 cangkir kopi hitam mengurangi risiko kanker usus sebesar 15 persen. Dipercaya pula kopi hitam bisa mengurangi risiko kanker kulit.