Tips Menyimpan Sayuran dan Buah, Agar Khasiatnya Tak Berkurang

Ilustrasi isi kulkas. shutterstock.com

ragam

Tips Menyimpan Sayuran dan Buah, Agar Khasiatnya Tak Berkurang

Selasa, 22 Januari 2019 13:01 WIB
Reporter : Silvy Riana Putri Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Usai membeli sayuran dan buah, Anda juga harus memperhatikan cara penyimpanannya agar tidak mengurangi kesegaran dan manfaatnya. Tidak semua sayuran maupun buah bisa disimpan bersamaan. Adapula sayuran yang tidak perlu dimasukkan ke lemari pendingin. 

Baca juga: Cara Simpan Makanan, Buah, Daging, Susu, dan Sayur dengan Benar

Mengutip laman Pop Sugar, beberapa buah dan sayuran menghasilkan gas yang disebut etilen dalam kondisi matang. Gas ini dapat memicu kematangan bahan makanan yang sensitif dengan gas etilen, jadi jauhkan satu sama lain. Contohnya, alpukat, pisang, melon, kiwi, mangga, nektarin, pir, prem, dan tomat harus disimpan di tempat yang berbeda dari apel, brokoli, wortel, sayuran berdaun hijau, dan semangka.

Kentang, bawang, dan tomat disimpan di tempat yang sejuk dan kering, jangan di lemari pendingin. Rasa dingin akan merusak cita rasa sayuran tersebut. Simpan buah dan sayuran mentah seperti pir, persik, prem, kiwi, mangga, aprikot, alpukat, melon, dan pisang di atas meja. Setelah matang, baru pindahkan ke dalam kulkas.

Salad sayuran dan rempah-rempah disimpan di dalam kantong berisi sedikit udara dan ditutup rapat. Jeruk keprok dan jeruk nipis bisa bertahan hingga seminggu di tempat yang sejuk dan gelap. Bila disimpan di dalam kulkas, gunakan kantung plastik berlubang atau jaring pembungkus buah.

Bungkus seledri dengan aluminium foil dan simpan di rak sayuran di kulkas. Wortel, selada, dan brokoli harus disimpan secara terpisah di dalam kantong plastik. Pastikan dalam kondisi kering, agar kelembapan tidak merusak kondisinya. Untuk buah nanas, potong bagian atasnya, kemudian simpan secara terbalik di dalam kulkas. Posisi ini membantu kandungan gula dan menjaga kesegaran lebih lama.

Sedangkan sebelum menyimpan kelompok buah berry, seperti stroberi, raspberry, dan jenis lainnya ke dalam kulkas, cuci terlebih dahulu dengan perbandingan 1:3 campuran cuka dan air, seperti dikutip dari Readers Diegest. Pembersihan ini bertujuan menangkal munculnya jamur dan memperpanjang usia ketahanan hingga satu minggu. Pastikan membilas dan dikeringkan secara optimal, sebelum disimpan di dalam kulkas.

Ketika Anda mengambil sebagian daun selada untuk salad, perhatikan pula cara penyimpanan sisanya. Simpanlah daun selada di dalam mangkuk dengan tisu besar di atasnya, lalu bungkus dengan plastik. Taburkan sedikit garam untuk menciptakan kelembapan ekstra pada daun selada.