Tips Simpel Jaga Kebersihan di Sekolah dari Dokter Sonia Wibisono

Reporter: Tabloid Bintang
Editor: Rini Kustiani
Kamis, 20 Desember 2018 12:42 WIB
Tips Simpel Jaga Kebersihan di Sekolah dari Dokter Sonia Wibisono

CANTIKA.COM, Jakarta - Selama lima hari dalam sepekan, anak menghabiskan waktu 6 jam setiap hari di sekolah. Interaksi mereka dengan sesama teman dan guru memang menyenangkan, tapi tak menutup kemungkinan terjadi transfer penyakit di situ. Dasar dari menjaga kesehatan adalah kebersihan.

Dokter Sonia Wibisono mengatakan lingkungan sekolah menjadi salah satu area yang memungkinkan terjadinya penularan penyakit. "Ruang kelas di sekolah sekarang sebagian besar memakai penyejuk ruangan. Saat ada anak yang sakit, misalnya batuk, pilek, diare, itu bisa mudah sekali menular," kata Sonia Wibisono di acara Lavme Goes to School di LEAP School House di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Untuk mencegah penularan penyakit di sekolah, Sonia Wibisono mengatakan prinsip utamanya adalah menjaga kebersihan tubuh anak. Tubuh yang bersih, bisa mencegah penularan penyakit antar indidisu. Dan cara yang paling simpel yakni dengan rajin mencuci tangan.

Baca: Apa Hubungan Rutin Cuci Tangan dengan Mengurangi Kematian?

"Sebagai pemerhati kesehatan anak, saya meyarankan ada anti-bacterial spray yang dipakai di dalam ruangan atau mainan anak seperti semprotan," kata Sonia Wibisono. Dengan tubuh yang bersih dan sehat, anak-anak bisa lebih fokus menyerap pelajaran di sekolah dan mencapai prestasi gemilang.

AURA