Miss Universe 2018, Miss Kamboja Dibully: Aku Bicara Bahasa Cinta

Miss Amerika Serikat Sarah Rose Summers meminta maaf kepada Miss Vietnam H'Hen Nie dan Miss Kamboja Rern Sinat. Instagram

ragam

Miss Universe 2018, Miss Kamboja Dibully: Aku Bicara Bahasa Cinta

Sabtu, 15 Desember 2018 17:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Ajang Miss Universe 2018 diwarnai bullying oleh Miss Amerika Serikat Sarah Rose Summers. Sarah membicarakan kontestan lain yang dianggap tak mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris.

Summers bersama Miss Australia Francesca Hung dan Miss Kolombia Valeria Morales mengolok-olok kemampuan berbahasa Inggris Miss Vietnam H’Hen Nie dan Miss Kamboja Rern Sinat. Perisakan itu mencuat ke publik dan memicu kontroversi.

Akhirnya Miss Amerika Serikat Sarah Rose Summers meminta maaf kepada Miss Vietnam H’Hen Nie dan Miss Kamboja Rern Sinat. "Mungkin ada ucapan saya dianggap tidak menghormati, dan saya minta maaf untuk itu. Saya tidak bermaksud menyakiti siapapun," tulis Summers di akun Instagramnya.

Dia menyertai postingan itu dengan foto mereka berlima bermaafan dan berpelukan satu sama lain. Akun Instagram Nie dan Sinat juga memuat foto yang sama dan menyertainya dengan keterangan.

Miss Australia Francesca Hung, Miss Kamboja Rern Sinat, Miss Amerika Serikat Sarah Rose Summers, Miss Vietnam H’Hen Nie, dan Miss Kolombia Valeria Morales berfoto bersama menandakan hubungan mereka baik-baik saja. Instagram

Miss Kamboja Rern Sinat menulis tentang persahabatan dan persaudaraan sesama perempuan di Miss Universe 2018. "Kalian akan selalu ada di hatiku," tulis Sinat.

Baca juga: Miss Universe 2018, Miss Vietnam dan Miss Kamboja Dibully

Pengalaman ini, menurut dia, membuka kesempatan untuk saling memahami dan mempelajari budaya yang berbeda. "Aku bicara dengan bahasa cinta, menghargai, dan pengertian," tulis Sinat seolah menjawab anggapan dia sama sekali tak bicara bahasa Inggris di Miss Universe 2018.

Adapun Miss Vietnam H’Hen Nie mengecup pipi Miss Amerika Sarah Rose Summers sebagai simbol hubungan mereka baik-baik saja. "Kita semua telah melakukan yang terbaik di panggung malam ini. Tidur yang lelap dan segar menyambut esok hari saudariku. Peluk dan cium. Kita semua keluarga," tulis Nie di akun Instagramnya dalam bahasa Inggris.