Cukup dengan Cuka Apel agar Rambut Kuat dan Bersinar

Ilustrasi cuka apel. shutterstock.com

kecantikan

Cukup dengan Cuka Apel agar Rambut Kuat dan Bersinar

Selasa, 13 Maret 2018 14:36 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rita Nariswari

CANTIKA.COM, Jakarta - Khasiat cuka apel untuk kesehatan sudah dikenal lama. Manfaat cairan asam yang satu ini boleh dibilang sederet, seperti menyeimbangkan kadar gula darah, mendorong jumlah bakteri baik, dan lain-lain.

Bahkan, bagi sejumlah pelaku hidup sehat, cuka apel menjadi menu sehari-hari untuk berbagai olahan. 

Baca: Rutin Minum Cuka Apel dan Rasakan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Tak hanya menjadi bagian dari pola hidup sehat, ternyata cuka apel juga menjadi terapi alami memperbaiki rambut yang kaku serta mampu membuat rambut menjadi kuat dan bersinar.

Menurut Ted Lain, MD, dermatologis di Texas, Amerika Serikat, cuka apel mengandung  asam dan antibakteri. Keduanya cocok untuk perawatan rambut.

“Antibakteri bisa menurunkan jumlah bakteri serta tumpukan jamur di kulit kepala dan rambut,” kata Ted Lain seperti dikutip dari health.com. Selain itu, ampuh menghilangkan ketombe.

Namun hati-hati perhatikan penggunaannya. “Bila terlalu sering atau terlalu banyak, bisa membuat rambut kering serta rapuh,” tutur Micky Kibbe, penata gaya di Texas.

Baca: Cuka Apel Bermanfaat untuk Kesehatan Gigi dan Kulit

Lain menambahkan, penggunaan yang berlebihan bisa membuat kadar keasaman atau pH terlalu rendah dan membuat iritasi. Jadi ia menyarankan penggunaanya hanya satu sampai dua kali dalam seminggu.

Untuk tata caranya, seperti dipaparkan dalam stylecaster.com, perbandingan apel dengan air, yakni 1:3. Digunakan setelah Anda selesai membilas sampo di rambut. Oleskan cairan cuka apel di rambut dan kulit kepala, lalu biarkan beberapa menit. Setelah itu, bilas dan gunakan kondisioner.