Efek Buruk Mengkonsumsi Cuka Apel Secara Rutin untuk Kesehatan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi wanita dan cuka apel. shutterstock.com

Ilustrasi wanita dan cuka apel. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Cuka apel memiliki banyak manfaat sehingga kini menjadi tren gaya hidup sehat. Salah satu manfaat mengkonsumsi cuka apel adalah untuk kecantikan.

Ada juga percaya jika minum sedikit cuka apel, dapat membakar lemak dalam tubuh sehingga bisa menurunkan berat badan. Namun, mengkonsumsi cuka apel secara rutin ternyata tidak baik untuk tubuh. Berikut ini alasannya.

Cuka Apel Merupakan Zat Asam
Zat asam pada cuka apel dapat membakar jaringan mukosa yang sensitif pada mulut dan kerongkongan. Selain itu, sifat asam dari cuka apel juga bisa menimbulkan karies gigi.

Bagi penderita maag atau gastritis, mengonsumsi cuka apel dapat memicu penyakit tersebut untuk kambuh, sehingga menimbulkan perasaan tidak nyaman bagi penderitanya.

Baca juga: 3 Makanan yang Sering Dikira Penyebab Gagal Diet 

Ini efek buruk cuka apel jika dikonsumsi secara rutin (dok. livestrong)
Ini efek buruk cuka apel jika dikonsumsi secara rutin (dok. livestrong)

Baca juga: Eva Celia Ungkap Sisi Positif Jadi Vegan, Sehat dan Hemat

Pengeroposan Tulang
Efek tak baik lainnya mengkonsumsi cuka apel yaitu tubuh akan mengambil mineral seperti potasium dalam tulang untuk dijadikan sebagai penyanggah asam di dalam darah. Jika terus menerus mengonsumsi cuka apel, mineral dalam tulang berkurang dan terjadi pengeroposan.

Berlebihan mengonsumsi cuka apel bisa menyebabkan pengeroposan tulang (dok. CNN)

Berlebihan mengonsumsi cuka apel bisa menyebabkan pengeroposan tulang (dok. CNN)

Baca juga: 3 Bahan Alami untuk Mengatasi Memar atau Lebam

Belum Terbukti secara Ilmiah
Menurut Dr. Carol S Johnston dari program nutrisi Arizona State University, cuka apel bukanlah magic bullet atau senjata luar biasa untuk menurunkan berat badan. Meskipun telah ada sebuah penelitian mengenai cuka apel yang menyebutkan khasiatnya untuk menurunkan berat badan, hasilnya pun sangat kecil sehingga tidak bisa dibilang kalau cuka apel dapat menurunkan berat badan secara efektif.

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."