Bedakan Mana Makanan yang Autentik dan Mana yang Generik

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Makanan Thailand yang autentik di Thai Food Festival, di Le Meridien, Jakarta Pusat, Senin 1 Oktober 2018. TEMPO/Astari P Sarosa

Makanan Thailand yang autentik di Thai Food Festival, di Le Meridien, Jakarta Pusat, Senin 1 Oktober 2018. TEMPO/Astari P Sarosa

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bila pergi ke restoran Thailand di Indonesia, makanannya akan terasa berbeda dengan restoran di negara Thailand. Sama halnya dengan bila Anda makan makanan Indonesia yang dibuat oleh orang asing, hasilnya akan berbeda bila makan makanan Indonesia yang dibuat oleh orang Indonesia. Di situlah perbedaan antara makanan autentik dengan generik.

Baca juga:
Nikmati Makanan Autentik Thailand di Thailand Food Festival

Makanan autentik adalah makanan asli dan khas atau sesuai dengan latar belakang makanan tersebut. Sedangkan makanan generik merupakan makanan yang biasanya ditemukan di restoran waralaba, karena harus memproduksi banyak. Koki Eksekutif di Hotel Le Meridien Jakarta, Desmond Carneiro mengatakan makanan yang autentik biasanya dibuat dengan penuh cinta dan perasaan.

“Makanan autentik adalah makanan yang dibuat dari naluri, sedangkan makanan generik dibuat dari resep dan mengikuti menu,” kata Desmond Carneiro di Hotel Le Meridien, Jakarta, Senin 1 Oktober 2018. Walaupun menggunakan bahan-bahan yang sama atau membuat hidangan yang sama, makanan autentik biasanya dibuat dengan penuh kasih sayang dari koki tersebut. Karena itu, hasilnya akan memiliki lebih banyak rasa.

Jasvir Sanghera atau Mama Duu, koki asal Thailand di Thai Food Festival, di Le Meridien, Jakarta Pusat, Senin 1 Oktober 2018 (Tempo/Astari P Sarosa)

Makanan autentik biasanya memiliki banyak cerita. “Makanan autentik sekarang sudah banyak dilupakan karena membutuhkan lebih banyak usaha dan lebih mahal. Sekarang banyak yang memilih serba instan,” tutur Jasvir Sanghera atau Mama Duu, kepala koki dari JW Marriott Khao Lak Resort dan Spa di Thailand. Namun demikian, keputusan memilih makanan autentik ataupun generik semua tergantung keinginan dan cita rasa masing-masing.

Artikel lainnya:
3 Alasan Tak Gunakan Plastik untuk Wadah Makanan

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."