Hari Batik 2018, Tips Pakai Batik yang Keren

Ilustrasi baju batik. Shutterstock

kecantikan

Hari Batik 2018, Tips Pakai Batik yang Keren

Selasa, 2 Oktober 2018 10:34 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Baju batik bisa digunakan untuk acara resmi maupun santai. Hanya saja, perlu diperhatikan beberapa motif batik yang memiliki makna khusus dan punya pakem penggunaan berbeda.

Baca: Ketahui 5 Makna Batik yang Populer untuk Generasi Milenial

Untuk motif batik yang bisa dipakai dalam berbagai suasana, kita bisa bermain dengan model busana dan warna. Perajin batik yang juga desainer A. Nurhasim Hamada mengatakan batik tidak hanya dipakai untuk acara formal, namun juga bisa digunakan pada aktivitas sehari-hari.

Supaya penampilan semakin keren, dia menyarankan sesuaikan warna dengan model pakaiannya. "Lebih ke harmoni warna dan model bajunya," ucap A. Nurhasim Hamada di acara pembukaan Gebyar Batik Muda Nusantara 2018 di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis 27 September 2018. "Kalau warna batiknya coklat tua, jangan dibuat kemeja biasa karena model itu bisa membuat yang memakai terlihat tua."

A. Nurhasim Hamada mengatakan sebaiknya kombinasikan warna batik dengan detail kain lain yang memiliki rona lebih muda. "Atau diberi detail kain lain yang warnanya lebih muda. Jadi permainannya di model dan warna," ucap dia.

AURA

Baca juga:Alleira Bawa Motif Batik Tradisional di Paris Fashion Week 2018Adjie Notonegoro Tunjukkan 20 Koleksi Batik Prada Nusantara