Hari Batik 2018, Tips Pakai Batik yang Keren

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi baju batik. Shutterstock

Ilustrasi baju batik. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Baju batik bisa digunakan untuk acara resmi maupun santai. Hanya saja, perlu diperhatikan beberapa motif batik yang memiliki makna khusus dan punya pakem penggunaan berbeda.

Baca:
Ketahui 5 Makna Batik yang Populer untuk Generasi Milenial

Untuk motif batik yang bisa dipakai dalam berbagai suasana, kita bisa bermain dengan model busana dan warna. Perajin batik yang juga desainer A. Nurhasim Hamada mengatakan batik tidak hanya dipakai untuk acara formal, namun juga bisa digunakan pada aktivitas sehari-hari.

Supaya penampilan semakin keren, dia menyarankan sesuaikan warna dengan model pakaiannya. "Lebih ke harmoni warna dan model bajunya," ucap A. Nurhasim Hamada di acara pembukaan Gebyar Batik Muda Nusantara 2018 di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis 27 September 2018. "Kalau warna batiknya coklat tua, jangan dibuat kemeja biasa karena model itu bisa membuat yang memakai terlihat tua."

A. Nurhasim Hamada mengatakan sebaiknya kombinasikan warna batik dengan detail kain lain yang memiliki rona lebih muda. "Atau diberi detail kain lain yang warnanya lebih muda. Jadi permainannya di model dan warna," ucap dia.

AURA

Baca juga:

Alleira Bawa Motif Batik Tradisional di Paris Fashion Week 2018
Adjie Notonegoro Tunjukkan 20 Koleksi Batik Prada Nusantara

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."