3 Tips Perawatan Rambut yang Wajib Diingat Pemakai Hijab

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi busana muslim/fashion hijab/jilbab. Shutterstock.com

Ilustrasi busana muslim/fashion hijab/jilbab. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Berdasarkan data dari Matrix Indonesia, sekitar 47 persen wanita muslim di Indonesia mengenakan hijab. Tidak hanya itu, ternyata wanita berhijab di Indonesia menggunakan hijab selama delapan setengah jam per hari. Ini jauh lebih lama dibanding wanita berhijab di Saudi Arabia, yang rata-rata menggunakan hijab selama 4.3 jam per hari.

Baca juga: Jangan Asal Pakai Produk untuk Rambut, Waspadai yang Berbahaya

Karena Indonesia adalah negara tropis, dengan suhu yang panas dan lembab, wanita berhijab di Indonesia seringkali harus menghadapi masalah rambut seperti bau tidak sedap, rambut rontok dan berminyak, dan juga ketombe. Candra Suyatno, Technical Management Matrix Indonesia, menjelaskan tiga hal yang perlu diingat untuk mengatasi masalah rambut wanita berhijab di Indonesia.

#1. Menggunakan tonik 
Wanita berhijab yang memiliki masalah rambut berminyak, disarankan  menggunakan tonik rambut khusus untuk kondisi kepala yang berminyak. Namun, banyak wanita berhijab yang menganggap tonik rambut sering membuat rambut lebih berminyak. “Itu karena harus benar-benar digunakan saat kondisi kepala yang bersih. Tonik tidak akan menjadi tambah berminyak, tetapi menahan minyak di kulit kepala,” ujar Candra Suyatno, di Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan, Kamis 13 September 2018.

#2. Jangan mengabaikan ketombe
Saat keluar rumah, tentu orang lain tidak akan bisa melihat kondisi rambut wanita berhijab. Hal ini membuat wanita berhijab mengabaikan rambut yang berketombe. Padahal ketombe bisa menggerogoti rambut dan membuat rambut rontok. 

#3. Tunggu rambut kering sebelum menggunakan hijab
Beberapa wanita sering menggunakan hijab sebelum rambut benar-benar kering. Hal tersebut dapat menyebabkan bau tidak sedap pada rambut, yang membuat wanita merasa tidak nyaman. “Pada saat ingin menggunakan hijab, harus memastikan kalau rambut sudah benar-benar kering. Biasanya saat terburu-buru, masih lembab sudah menggunakan hijab,” ujar Candra.

ASTARI PINASTHIKA SAROSA

Artikel lain: 
Harga Perawatan Rambut Iis Dahlia Keok Dibanding Putrinya
Pilih 4 Warna Rambut dari Italia, Sesuaikan dengan Karaktermu

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."