Pacar Menyakiti Perasaanmu, Lakukan 7 Hal Ini

Reporter: Cantika.com
Editor: Yunia Pratiwi
Sabtu, 8 September 2018 20:07 WIB
Pacar Menyakiti Perasaanmu, Lakukan 7 Hal Ini

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada kalanya pacar menyakiti perasaan kamu tanpa disengaja atau tidak. Hal ini tentu dapat terjadi di suatu waktu tertentu. Kamu pun bereaksi dengan meluapkan amarah atau kepadanya. 

Baca juga: Cara Maia Estianty Bangun Kedekatan dengan Pacar Al dan El

Selain itu, situasi ini dapat mempengaruhi hubungan kamu dan pacar ke depannya. Mengutip laman All Womans Talk, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika pacar menyakiti perasaanmu. 

1. Katakan padanya kamu merasa terluka
Jika kekasih menyakiti perasaanmu, ungkapkan kepadanya. Jika tidak mengatakannya, dia mungkin tidak akan menyadarinya. Kamu hanya perlu jujur dan mengatakan kepadanya kalau dia menyakiti perasaanmu dan bagaimana dia melakukannya. Ini adalah salah satu hal pertama yang harus dilakukan ketika kekasih menyakiti perasaanmu.

2. Jelaskan mengapa kamu merasa terluka
Cowok memiliki sudut pandang yang sama sekali berbeda dengan kita. Kamu tidak akan selalu melihat atau memahami hal-hal dengan cara yang sama. Terkadang kekasih mungkin menyakiti perasaan kamu, tetapi dia tidak menyadari apa yang dia katakan atau lakukan itu bisa menyakitimu. Dalam situasi ini, kamu perlu menjelaskan mengapa terluka dan bagaimana dia membuatmu merasa demikian. Hal ini dapat membantu menjernihkan kebingungan dia.

3. Memberinya kesempatan untuk meminta maaf
Sebelum mengambil langkah-langkah lain untuk menangani situasi ini, berikan pacarmu kesempatan untuk meminta maaf. Jika dia merasa bersalah dan meminta maaf, maka kamu mungkin tidak perlu melakukan apa-apa lagi. Kamu dapat memaafkannya dan menikmati sisa harimu bersama-sama. Kadang langkah-langkah lain diperlukan untuk memperbaiki situasi. Dan ini hanya kamu yang dapat memutuskan.

4. Beri dia waktu untuk berpikir
Ada saat-saat pacar kamu mungkin menyakiti perasaanmu, tetapi tidak bersedia untuk memahami atau meminta maaf. Jika hal ini terjadi maka kamu mungkin ingin memberinya waktu untuk berpikir. Ambil jarak dan beri dia waktu untuk keluar dari situasi dalam pikirannya. Ini bisa berarti kamu tidak segera menjawab pesan atau tidak bersama atau menemuinya untuk satu atau dua hari. Jika dia benar-benar peduli padamu, dia akan memikirkan hal-hal di atas dan melihat dari sudut pandangmu.

5. Membebaskannya dari prasangka
Jika kamu berkencan dengan seorang pria yang baik hati dan peduli, maka dia mungkin tidak bermaksud menyakiti perasaanmu. Itu kemungkinan besar benar-benar tidak disengaja. Dalam situasi ini, kamu masih ingin menceritakan perasaanmu yang terluka, tetapi juga ingin membebaskannya dari prasangka. Ingat, dia orang yang baik yang hanya mengatakan atau melakukan sesuatu tanpa pikir panjang. Dalam situasi ini, masalah dapat dengan mudah diselesaikan.

6. Dengarkan penjelasannya
Ada baiknya untuk mengingat bahwa ada dua sisi untuk segalanya. Mungkin kamu benar-benar salah paham. Beri dia kesempatan untuk menjelaskan apa yang dimaksudkannya. Dia bisa saja mengarahkan komentar terhadap orang lain atau situasi yang berbeda. Dalam skenario ini, hal-hal dapat dengan mudah bekerja.

7. Evaluasi hubungan
Jika kamu berhubungan dengan seseorang yang dengan sengaja sering menyakiti perasaan, maka mungkin sudah waktunya untuk mengevaluasi hubungan. Tidak ada seorang pun yang berhak mengatakan atau melakukan hal-hal yang menyakitkan terhadap orang lain. Hal terbaik adalah jujur pada diri sendiri tentang keadaan hubungan Anda. Jangan berpuas diri dengan seseorang yang tidak menghargaimu.

LUCIANA

Artikel lain: Dengar Mantan Pacar Menikah Bikin Galau, Ini Cara Mengatasinya