Tips Perawatan Kecantikan ala Korea, Ada yang Wajib dan Tidak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi wajah perempuan yang putih mulus bersinar ala wanita Korea. shutterstock.com

Ilustrasi wajah perempuan yang putih mulus bersinar ala wanita Korea. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Rutinitas perawatan kecantikan perempuan Korea menjadi salah satu rujukan untuk memperoleh kulit cerah merona. Dermatolog yang juga Direktur Utama ID Beauty Clinic Jakarta, dr. Maria Charlotte, B Med Sci., mengatakan 10 langkah perawatan wajah ala Korea tergolong perawatan holistik supaya kulit sehat sempurna.

Sepuluh langkah perawatan wajah ala Korea ini mulai dari membersihkan wajah dengan cleanser atau makeup remover; mencuci wajah dengan pembersih berbasis air atau facial wash; mengangkat sel kulit mati atau eksfoliasi; memakai toner; essence; serum; masker; krim mata; krim wajah; hingga tabir surya.

"Tapi butuh niat yang besar untuk melakukan semua langkah tersebut tanpa terlewat," kata Maria Charlotte yang biasa disapa dokter Cherry itu. Menurut dia, idealnya memang 10 langkah tersebut dilakukan semua secara berurutan. Namun jika waktunya tak cukup atau malas, ada beberapa yang bisa masuk prioritas dan ada yang tidak perlu dilakukan.

"Pertama, membersihkan wajah atau cleansing itu wajib. Mau memakai makeup atau tidak, tetap ada partikel yang menempel pada wajah setelah seharian beraktivitas dan itu harus dibersihkan," kata Maria Charlotte. Membersihkan wajah dengan menggunakan sabun pencuci wajah saja tidaklah cukup.

Dia menyarankan memakai losion atau cairan pembersih wajah, baru kemudian menggunakan facial wash. Kenapa harus berlapis? "Karena membersihkan wajah harus sampai bersih. Kalau tidak, partikel dan riasan yang masih tersisa akan menyumbat pori-pori kulit," ucap Maria Charlotte saat peluncuran Corine de Farme, di Jakarta.

Langkah yang wajib dilakukan setelahnya adalah memakai toner dan krim mata. "Toner berfungsi menyegarkan wajah dan memaksimalkan kerja serum atau pelembap," kata Maria Charlotter. Adapun krim mata menjadi penting karena bisa meminimalkan kerutan di bagian mata sekaligus mencerahkan lingkaran hitam yang biasanya muncul ketika kelelahan dan seiring bertambahnya usia.

Maria Charlotte menyayangkan masih ada yang meremehkan manfaat krim mata. Padahal manfaatnya bisa dirasakan dalam jangka panjang. Menurut dia, krim mata sebaiknya dipakai saat memasuki usia 30 tahun. Penggunaan krim wajah dan tabir surya juga masuk kategori wajib. "Krim wajah itu penting dan harus disesuaikan dengan kebutuhan kulit," kata dia.

Contohnya, menurut Maria Charlotter, kulit yang kurang cerah maka pakai krim dengan formula yang dapat mencerahkan wajah. Yang kulitnya berjerawat mamakai krim wajah dengan formula yang dapat menghilangkan jerawat. Selain itu, tinggal di daerah tropis perlu memakai tabir surya demi melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Selanjutnya: Perawatan kulit ala Korea yang tak wajib

Baca juga:
Makeup Pengantin Lebih Mahal Ternyata Bukan karena Riasannya
Mau Jadi Beauty Blogger, Titan Tyra Ungkap Tantangan Terbesarnya

Dari penjelasan dokter Maria Charlotter tadi, ada enam langkah perawatan kulit wajah ala Korea yang wajib dilakukan, yakni membersihkan wajah dengan cleanser, mencuci wajah dengan facial wash, menyegarkan wajah dengan toner, menggunakan krim mata, krim wajah, dan tabir surya. Sisanya, menurut dia, dalam kategori tidak wajib dan boleh tidak dilakukan setiap hari.

"Pengangkatan sel kulit mati atau eksfoliasi tidak wajib karena kulit secara alami bisa melakukan regenerasi atau eksfoliasi sendiri setiap 28 sampai 48 hari," kata Maria Charlotte. Namun jika punya masalah, seperti warna kulit tidak merata padahal tidak terpapar sinar matahari, maka penting untuk melakukan pengangkatan sel kulit mati atau eksfoliasi.

Selanjutnya memakai serum, essence, dan masker juga masuk kategori tidak wajib karena tidak semua orang membutuhkannya. Maria Charlotter mencontohkan, mereka yang kulitnya masih kencang tidak perlu pakai serum. Mengenai penggunaan masker, dia menyarankan dipakai sesuai kebutuhan wajah. "Seminggu sekali saja sudah cukup," katanya.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."