Tanda-tanda Wanita Sedang Hamil seperti Raisa

Penyanyi Raisa tampak dalam jepretan Hamish Daud, tengah berlibur di Nihi Sumba beberapa hari lalu. (Instagram@hamishdw)

kesehatan

Tanda-tanda Wanita Sedang Hamil seperti Raisa

Selasa, 21 Agustus 2018 14:02 WIB
Reporter : Yatti Febri Ningsih Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Kabar kehamilan Raisa terungkap melalui sebuah video yang diunggahnya di kanal YouTube miliknya. Video itu menunjukkan saat Raisa memberi tahu suaminya, Hamish Daud, tenang kehadiran buah cinta mereka.

Baca juga: Raisa Hamil, Hamish Daud: It's Real?  Sosok Ibu Bagi Raisa dan Pesan yang Selalu Diingatnya

Raisa menunjukkan hasil testpack kepada Hamish Daud yang menandakan bahwa ia hamil. Di video itu, mereka juga terlihat memeriksakan kandungan ke dokter. Pasangan yang menikah pada 3 September 2017 ini terlihat sangat bahagia, begitu juga keluarga besar mereka. 

Beberapa hari sebelum mengunggah video itu, Raisa tampil dalam acara pembukaan Asian Games 2018, di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Untuk mengetahui apakah seseorang sedang hamil atau tidak, cukup mudah. Biasanya wanita hamil memiliki tanda-tandanya sendiri seperti adanya perubahan emosi dan fisik hingga menjadi lebih sensitif. Seperti tanda-tanda berikut ini yang dikutip dari laman WebMD.

#1. Payudara melunak Salah satu tanda pertama kehamilan ialah payudara akan terasa nyeri dan melunak. Bahkan, ada beberapa dari mereka yang merasa justru lebih kencang dan berat. Tanda lainnya, yaitu pada sekitar area puting yang makin besar dan gelap. Hal ini biasanya berkaitan dengan meningkatnya kadar hormon progesteron. Alasan lainnya kenapa payudara membengkak ketika hamil adalah karena bahwa tubuh Anda menyimpan lebih banyak air selama kehamilan dan bisa membuat Anda merasa kembung juga.

#2. Kelelahan Wanita yang tengah hamil biasanya akan menjadi lebih mudah lelah. Contoh saja pada perempuan yang biasanya sulit untuk tidur, tiba-tiba mulai membutuhkan waktu untuk tidur siang adalah salah satu pertanda ia tengah mengandung. Ini biasanya terjadi karena saat berbadan dua, hormon progesteron yang berlebihan dapat membuat wanita hamil cepat lelah. Sayangnya, kelelahan dan rasa lapar dapat membuat suasana hati lebih buruk. Jadi, cobalah untuk mencari waktu untuk beristirahat dan makan camilan kecil sepanjang hari. 

#3. Merasa pusing Beberapa wanita menjadi sangat pusing atau pusing selama kehamilan awal, bahkan beberapa kasus ada yang sampai pingsan. Hal ini bisa dipengaruhi oleh hormon atau tekanan darah yang rendah.

#4. Mual dan muntah Ini adalah salah satu tanda yang lumrah ditemukan saat seseorang tengah hamil. Namun, biasanya mual dan muntah yang berlebihan sudah mulai berkurang pada usia 7-9 minggu kehamilan. Untuk mengatasi ini, bisa mengkonsumsi makanan kecil yang kaya protein untuk membantu mengontrol perut yang tidak nyaman. Selain itu, tetap terhidrasi juga bisa menjadi solusinya.

#5. Jijik terhadap makanan tertentu Jika mulai tidak tahan bau, apalagi rasa pada makanan tertentu? Mungkin saja Anda tengah hamil. Salah satu tanda yang menandakan seorang wanita hamil adalah meningkatnya indra penciuman. Untuk mengatasinya dapat mengkonsumsi vitamin atau asam folat yang jua dapat mencegah cacar lahir. Selain itu, minum banyak cairan juga penting untuk mencegah dehidrasi. Mual biasanya hilang saat mulai memasuki trimester kedua kehamilan.

#6. Lebih sering buang air kecil Saat hamil, ginjal harus memproses lebih banyak urine serta rahim yang makin besar memberi tekanan pada kandung kemih. Namun, bukan berarti harus mengurangi asupan cairan karena takut terjaga di malam hari untuk buang air kecil. Sebab ketika hamil pun, tetap membutuhkan cairan ekstra.

Artikel lain: Raisa Terpesona oleh Perempuan Ini, Jadi Salah Tingkah