4 Tanda Kamu dan Dia Berjodoh, Lanjutkan Cinta ke Jenjang Serius

Reporter: Tabloid Bintang
Editor: Rini Kustiani
Kamis, 9 Agustus 2018 15:15 WIB
4 Tanda Kamu dan Dia Berjodoh, Lanjutkan Cinta ke Jenjang Serius

CANTIKA.COM, Jakarta - Kita harus hati-hati dalam memilih pasangan. Proses dari jatuh cinta, lalu saling mengenal satu sama lain, sampai memutuskan ke jenjang selanjutnya yang lebih serius harus dipikirkan secara matang. Sebab, pernikahan membawa konsekuensi yang panjang dalam kehidupan seseorang, terlebih jika nanti punya anak.

Baca juga:
Wahai Istri, Jangan Jaim Jika Memang Ingin Bercinta Malam Ini
Syarat Andi Soraya Sebelum Dinikahi Ali Gaffar: Saya Mau Kalau...

Jika kamu masih melakukan pendekatan dengan seseorang dan merasa ragu apakah dia orang yang tepat, coba cek beberapa tanda berikut ini. Ingat, jangan terlalu mengutamakan perasaan. Kedepankan logika supaya kamu bisa berpikir jernih dan objektif atas hubungan kalian.

Apabila 4 tanda ini terbangun dalam hubunganmu dengan dia, maka lanjutkanlah ke jenjang yang lebih serius. Namun jika ada satu poin saja yang tidak memenuhi, maka kamu harus membuat keputusan apakah mau lanjut atau berhenti saja ketimbang membuang waktu percuma. Berikut 4 sinyal kamu dan dia berjodoh:

1. Dia menghargai kehidupanmu
Teman hidup yang baik adalah dia yang menerima apa saja yang kamu kerjakan beserta semua impianmu. "Dia tertarik untuk mengetahui apa ukuran kesuksesan bagimu, tujuan kehidupanmu, apa saja mimpimu, dan dia ingin hadir di semua itu," kata Shannon Thomas, terapis yang juga penulis buku 'Healing from Hidden Abuse: A Journey Through the Stages of Recovery from Psychological Abuse'.

Perempuan asal Amerika Serikat ini mengatakan, lelaki yang mencintai tak akan membatasi ruang gerak kekasihnya. Dia ikut bahagia ketika melihat pacarnya bahagia dalam menjalani kehidupan. Intinya, kebahagiaanmu adalah bagian penting dalam dirinya.

Ilustrasi pasangan bermesraan. shutterstock.com

2. Bisa diajak diskusi dan mau mendengar
Menikah berarti berbagi tentang segala hal dengan seseorang seumur hidup. Setiap hari kamu akan bertemu dia, dia, dan dia lagi. Maka pastikan calon suamimu adalah seseorang yang bisa diajak diskusi sekaligus mau mendengarkan. Diskusi dini tentu menekankan pada hal-hal penting yang bakal terjadi dalam kehidupan rumah tangga, dan mendapatkan solusinya.

"Inilah yang membuat saya akhirnya memilih suami saya. Sejak pacaran, dia bisa diajak diskusi tentang apapun. Dia mau mendengarkan saya dengan saksama dan kami selalu terlibat dalam pembicaraan yang mendalam," tulis psikolog Roslina Verauli dalam bukunya 'Cerita Perempuan: Memahami Cinta Sejati'.

Sebaliknya, pria juga memilih menikahi perempuan yang bisa diajak bicara berjam-jam, bukan sedakar cantik fisik atau pandai bercinta, namun juga yang cerdas.

Selanjutnya: Dengarkan kata keluarga dan teman


3. Cocok dengan teman dan keluarga
Kalau kamu mengajak si dia ke rumah atau jalan bareng teman-teman, coba perhatikan apakah dia bisa beradaptasi dengan keluarga dan teman-temanmu. Sebab Bagaimanapun, keluarga dan teman adalah orang-orang yang paling mengenal kita dan objektif sehingga berani berkata apa adanya.

"Sangat penting untuk mempertimbangkan respons keluarga dan teman tentang pasangan. Maklum, seseorang cenderung tidak rasional dan objektif saat sedang jatuh cinta," tulis Roslina. Jika ibumu tidak terlalu suka kepada pacarmu, apalagi tidak merestui hubungan kamu, jangan langsung bersikap defensif. Tanyakan dulu alasannya. Lampu merah dari keluarga bisa jadi sinyal kalau dia mungkin bukan orang yang tepat.

Ilustrasi pasangan. Shutterstock

4. Dia memberi rasa nyaman
Kamu tak perlu merisaukan apapun saat bersamanya. Kamu juga bebas menjadi diri sendiri -terlepas pakai makeup atau tidak, bertubuh ramping atau berisi, berpakaian sesuka hati, dia tetap berada di sisimu tanpa menuntut macam-macam. Dia menerima kamu dengan segala kekurangan dan kelebihan.

Artikel lainnya: Masih Cinta tapi Pasangan Suka Kasar, Harus Bagaimana?

Kalau baru pacaran saja dia sudah sibuk menilaimu dengan ini dan itu, artinya kamu akan rasakannya sepanjang kamu berhubungan dengannya. Setiap orang membutuhkan rasa nyaman dalam hubungan jangka panjang. Ini Bukan lagi tentang cantik atau tampan, tapi kamu bisa menjadi diri sendiri dalam kondisi apapun bersama dia.

AURA