Resep Bolu Kukus Mawar, Ada Tips Supaya Mengembang dan Tak Amis

Resep Bolu Kukus Mawar. Tabloidbintang

kuliner

Resep Bolu Kukus Mawar, Ada Tips Supaya Mengembang dan Tak Amis

Kamis, 26 Juli 2018 10:33 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Bolu kukus menjadi salah satu jajan pasar yang mudah dibuat. Namun salah satu kendala saat membuatnya adalah bagaimana supaya tekstur bolu kukus tidak terlalu padat atau bantat dan hasil akhirnya mengembang sempurna.

Baca juga:Resep Chocolate Mousse yang Manis dan Lembut di MulutCamilan untuk Akhir Pekan, Coba Yuk Resep Crackers Lapis Krim

Bolu kukus yang bantat bikin seret saat dimakan dan tidak lembut di mulut. Tampilannya pun kurang sedap dipandang. Supaya bolu kukus mengembang dan lembut, rahasianya ada pada kecepatan pengocokan yang tepat dengan menggunakan mixer. Selain itu, takaran bahan-bahan yang digunakan juga harus tepat.

Pada resep Bolu Kukus Mawar berikut ini, bahan telur yang digunakan adalah bagian putihnya saja. Penggunaan putih telur ini menghindari kue bolu beraroma amis.

Bahan A:- 525 ml putih telur- 350 gram gula pasir- 1 sdm emulsifier- 1 sdt garam- 1 sdt baking powder

Bahan B: - 250 gram tepung terigu- 50 gram santan bubuk

Resep bolu kukus kacang merah. Tabloidbintang.com

Bahan C:- 100 ml santan kental- 1 sdt vanila esens- 90 gram margarin, lelehkan- Pasta pandan secukupnya

Cara membuat:- Kocok seluruh bahan A hingga mengembang dan kaku dengan mixer berkecepatan tinggi.- Masukkan bahan B ke dalam bahan A. Aduk rata dengan spatula kemudian masukkan bahan C, aduk rata kembali.- Tuang adonan ke dalam cetakan berbentuk mawar yang sudah diolesi margarin.- Kukus selama 20 menit atau hingga matang. - Angkat dan sajikan.

Hasil: 10 porsi

TABLIDBINTANG