Makna Lari Bagi Steffy Burase: Bertarung atau Mati

Steffy Burase. Instagram

kesehatan

Makna Lari Bagi Steffy Burase: Bertarung atau Mati

Senin, 9 Juli 2018 11:33 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Nama Steffy Burase ada dalam daftar empat orang yang dicekal Komisi Pemberantasan Korupsi terkait kasus dugaan korupsi Gubernur Aceh Irwandi Yusuf. Steffy Burase dikenal sebagai pelari yang juga pernah menjadi pramugari. Dia menjadi salah satu orang yang terlibat dalam acara Aceh Marathon yang akan berlangsung pada akhir Juli 2018.

Di akun Instagram, Steffy Burase memang gemar lari. Ini terlihat dari beberapa foto dan video yang menunjukkan dia sedang berlari atau melakukan pemanasan. Steffy Burase juga pernah menunjukkan 12 pasang koleksi sepatu larinya dan menyematkan kata-kata inspiratif sebagai keterangan foto. "Itu semua bukan sekadar sepatu. Mereka telah mengajarkanku tentang kehidupan," tulis Steffy Burase di akun Instagramnya pada 27 Mei 2018.

Steffy Burase lantas mengingat pengalaman pertamanya saat berlari. Tak ada target apapun, hanya mengikuti dan mengalir begitu saja. "Kenyataannya, dengan berlari saya mempelajari banyak hal tentang kehidupan," tulis Steffy Burase. Dengan berlari, dia belajar untuk tidak menyerah betapapun berat dan besarnya hambatan.

Koleksi sepatu lari Steffy Burase. Instagram

Dengan berlari, Steffy Burase menulis, dia belajar bagaimana menghadapi rasa sakit hingga tujuannya tercapai. Dan dengan berlari, dia tahu kalau menyerah hanya untuk orang-orang yang lemah. Lari membuatnya tak peduli dengan kaki yang mulai kram, kuku kaki sampai berdarah, keringat bercucuran sampai masuk ke mata, dan panasnya sinar matahari yang membakar kulit.

"Dengan berlari, aku sadar bahwa aku lebih kuat dari apa yang ada di dalam pikiranmu. Aku memang seorang pelari, bukan atlet. Aku tak pernah berhenti hingga mencapai garis finish," tulis Steffy Burase. "Sebelum melampaui garis finish, selama aku bisa bernapas tak ada yang bisa menghentikanku." Dalam hidup, Steffy Burase menulis, dia hanya punya dua pilihan, "bertarung atau mati."

Artikel lainnya: Tips Langsing Sehat dari Presenter Sepak Bola Maria Vania

Dua bulan sebelumnya atau tepatnya pada 11 Maret 2018, Steffy Burase juga mengunggah sebuah foto sepasang sepatu lari dengan tulisan, "Ayo bawa aku ke jalur itu. Aku merindukan momentum itu." Seolah-olah sepatu lari yang dipotret oleh Steffy Burase ingin segera diajak berlari.

Koleksi sepatu lari Steffy Burase. Instagram