Piala Dunia 2018, Mural Perempuan di Moskow Jadi Kontroversi

Suasana upacara pembukaan Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia, Kamis, 14 Juni 2018. AP

ragam

Piala Dunia 2018, Mural Perempuan di Moskow Jadi Kontroversi

Jumat, 6 Juli 2018 21:01 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebuah mural ukuran jombo di Kota Moskow, Rusia, semestinya turut menjadi penyemarak Piala Dunia 2018. Mural yang digambar pada sebuah dinding bangun apartemen setinggi 12 lantai itu justru menuai kontroversi karena sosok model perempuan yang sedang memagang bola terpampang di sana.

Baca juga:Sandra Olga Siaran Piala Dunia 2018, Ada Satu Makanan WajibNonton Piala Dunia 2018, Sekjen PSSI Ratu Tisha Malah Mikir Kerja

Perempuan itu adalah Daria Panteleev, istri Ivan Panteleev yang menjabat Direktur Novatek Art, sebuah perusahaan agensi periklanan rekanan pemerintah Rusia untuk Piala Dunia 2018. Ivan Panteleev kemudian mempercayakan gambar itu kepada dua orang seniman mural asal Thailand.

Direktur Novatek Art Ivan Panteleev dan istrinya, Daria Panteleev. 

Keputusan Ivan Panteleev yang tidak menampilkan sosok yang berkaitan dengan sepakbola untuk momentum Piala Dunia 2018 ini mendapat kritik dari sejumlah pihak. Ada yang menyayangkan mural besar itu diisi oleh sosok yang tak dikenal kiprahnya di dunia sepakbola Rusia maupun dunia.

Artikel lainnya: Polah Nissu Cauti yang Jadi Sorotan di Piala Dunia 2018

Sebagian orang bahkan memberikan masukan agar mural itu diganti dengan tokoh di dunia olahraga, bisa pemain sepakbola atau pejabat pemerintah yang menjadi penyelenggara Piala Dunia 2018. Musababnya, biaya pembuatan mural itu diambil dari anggaran Kota Moskow.

Sebuah mural untuk memeriahkan Piala Dunia 2018 di Kota Moskow, Rusia memantik kontroversi karena menunjukkan seorang model yang bukan sosok di dunia sepakbola. Reuters

Mengutip dari Reuters, seorang direktur galeri seni Anna Nistratova menyindir Ivan Penteleev di akun Facebook. Anna Nistratova mengatakan dia sangat cemburu kepada Daria Penteleev karena memiliki suami yang menjadikannnya sebagai model di mural.

Menanggapi banyak kritik tadi, Daria Panteleeva akhirnya membela diri. Dia mengatakan tak semua orang peduli dengan siapa sosok model yang muncul sebagai gambar di mural terkait Piala Dunia 2018. "Jika seorang artis atau penyelenggara ditugaskan untuk menggambar seorang wanita Rusia berambut pirang sambil memegang bola, siapa yang peduli bahwa wanita tersebut memang sosok terkenal atau orang asing?".