Gigi Hadid Bergaya Bak Alien Menuai Protes, Ini Alasannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Gigi Hadid. (dok instagram @itsjeremyscott)

Gigi Hadid. (dok instagram @itsjeremyscott)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penampilan model Gigi Hadid selalu mencuri perhatian. Belum lama ini foto-foto dirinya untuk label Moschino menuai kritikan dari netizen. Namun tak hanya Gigi Hadid, beberapa model seperti Kaia Gerber, Vitto Ceretti, Soo Joo sampai Rianne Van Rompaey yang terlibat dalam pemotretan kampanye itu juga mendapat kritik.

Hal ini berawal dari direktur kreatif Moschino, Jeremy Scott mengunggah foto Gigi Hadid yang tubuhnya dicat biru bergaya ala Jackie O. "Satu-satunya hal yang ilegal tentang alien ini ialah seberapa bagus penampilannya," tulis Scott dalam keterangan foto itu. 

Baca juga:

Kunci Sukses Jadi Model dari Ibu Gigi Hadid, Yolanda Hadid

Gigi Hadid Bikin Prioritas Hidup, Pelajaran Nomor Satu Jadi Kunci

Photoshoot Gigi Hadid untuk Moschino ini mendapatkan banyak kritikan (dok. Instagram @itsjeremyscott)
(dok. Instagram @itsjeremyscott)

 

Rupanya keterangan foto itu menuai kritik karena banyak netizen yang merasa kampanye dari Moschino tersebut justru membuat persoalan imigran yang terjadi di Amerika Serikat seakan dibuat main-main. Pasalnya tema Alien Nation yang dipakai oleh Jeremy Scott tersebut dinilai sangat sensitif soal isu imigran tersebut.

Desainer ternama itu pun segera mengganti captionnya setelah menerima banyak kritikan dari netizen. Ia pun menjelaskan sebenarnya apa maksud dari kampanye terbarunya yang bertema alien dan mengapa ia mengecat tubuh modelnya dengan berbagai warna. 

Baca juga:

Gigi Hadid Ulang Tahun, Bella Hadid: Aku Beruntung Jadi Adiknya

Gigi Hadid Kesal Dibilang Terlalu Kurus di NYFW 2018

Kampanye dari Moschino yang disebut dengan Alien Nation ini dianggap memperkeruh isu imigran di Amerika Serikat (dok. Instagram @itsjeremyscott)
(dok. Instagram @itsjeremyscott)

"Apa itu 'Alien'?, itu adalah konsep dari kampanye iklanku untuk menarik perhatian pada sikap Pemerintah Amerika Serikat soal 'alien ilegal'. Aku melukis para model untuk pertunjukanku dan kampanye ini sebagai cara agar membuka diskusi tentang apa sebenarnya 'alien' itu. Apakah mereka oranye, biru, kuning atau hijau? Apakah ini semua penting? Mereka adalah teman, tetangga, rekan kerja dan orang yang kita cintai."

Sebelumnya dalam wawancara dengan Vogue, Jeremy Scott pernah menyebutkan bahwa sebenarnya ia bukanlah anti alien. "Aku bukanlah anti alien (orang asing). Aku hanya tak ingin membangun tembok pembatas," ucapnya. 

Namun, menurut Jeremy Scott kampanye ini untuk memberikan kritik pada pemerintah Amerika Serikat soal isu imgran yang sedang panas diperbincangkan di sana (dok. Instagram @itsjeremyscott)
(dok. Instagram @itsjeremyscott)

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."