10 Cara Sederhana Meredakan Stres

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi

Ilustrasi

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak hal dalam kehidupan sehari-hari yang terjadi di luar kontrol, membuat tak berdaya, dan mengakibatkan stres. Namun sebenarnya manusia memiliki kemampuan untuk mengontrol stres.

Cobalah mengubah situasi yang membuat stres dan menjadikannya lebih menyenangkan. Berikut ini 10 cara untuk mengurangi stres, seperti dilansir laman datingtime.

1. Konsumsi makanan sehat
Menjaga tubuh tetap sehat dengan makanan yang tepat membuat kita lebih tahan banting. Santapan sehat sudah dimulai dari sarapan dan terus berlanjut sepanjang hari. Cobalah peduli pada apa yang masuk ke tubuh.

2. Tidur cukup
Kurang tidur bisa membuat orang uring-uringan. Cobalah rutinitas yang tepat sebelum tidur, seperti meditasi, yang akan membuat tidur menjadi nyenyak.

Baca juga:
5 Faktor yang Menyebabkan Berkebun Bisa Redakan Stres
5 Perubahan yang Menandakan Kamu Stres dengan Pekerjaan
Awas, Kata Ahli Stres Bisa Menular 
Aneka Pijat untuk Mengusir Stres, Mana yang Anda Pilih?

3. Ubahlah apa yang bisa diubah
Utarakan ganjalan di hati daripada menyimpannya. Gunakan komunikasi yang halus untuk menyampaikan secara lengkap apa yang kita rasakan dan inginkan.

4. Cobalah lupakan masalah
Lakukan hal-hal menyenangkan, misalnya mengecek surat elektronik di ponsel.

5. Menerima apa yang tak bisa diubah
Berhentilah mengontrol segala sesuatu yang di luar kendali, misalnya urusan orang lain. Jangan coba mengecap sesuatu itu baik atau buruk, terimalah apa adanya.

6. Belajar bilang tidak
Bila sesuatu yang harus dilakukan tidak sesuai dengan keinginan dan kata hati, beranilah berkata tidak.

Ilustrasi wanita tertawa. shutterstock.com

7. Ciptakan lingkungan yang menyenangkan
Cobalah mencari cara menemukan kedamaian dan ketenangan di rumah. Pergilah berjalan-jalan ke alam bebas bila memungkinkan.

8. Menghabiskan waktu dengan keluarga dan teman
Cobalah membagi perasaan dan masalah dengan orang-orang yang kita percaya. Bicaralah dengan orang lain yang bisa membantu mencari solusi, mengatasi masalah, dan membuat tenang.

9. Rutin berolahraga
Aktivitas fisik membantu mengurangi efek negatif dari stres. Berolahraga bisa melepaskan hormon endorfin yang membuat kita merasa senang. Meski hanya dilakukan sepuluh menit, aktivitas yang membuat berkeringat bisa meningkatkan level energi dan memperbaiki suasana hati.

10. Luangkan waktu untuk bersenang-senang
Tertawa adalah cara terbaik mengatasi stres. Lakukanlah sesuatu yang menyenangkan setiap hari.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."