Silaturahmi Lebaran, Pahami Cara Komunikasi Tepat Sesuai Umur

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi seragam baju lebaran. modelmuslim.com

Ilustrasi seragam baju lebaran. modelmuslim.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Hari Lebaran menjadi momentum kumpul keluarga. Saat itu kita akan bertemu dengan orang yang paling senior dalam keluarga, seusia orang tua kita, seumur, remaja, anak-anak, sampai balita. Perbedaan usia membuat cara komunikasi dengan mereka tentu berbeda-beda.

Baca juga:
Lebaran Keluarga Prilly Latuconsina, Sungkem Malah Ditertawakan
Mengajak Pacar ke Rumah saat Lebaran Ada Aturannya, Cek di Sini

Psikolog klinis dewasa, Rena Masri mengatakan ketika berkomunikasi dengan orang yang paling senior dalam keluarga atau yang lebih tua, Anda harus menjadi pendengar yang aktif. "Intinya, orang yang lebih dewasa akan lebih senang kalau ada yang mendengarkan cerita mereka secara aktif dengan memberi respons atau tanggapan," kata Rena.

Topik pembicaraan dengan orang yang lebih tua bisa seputar kegiatan sehari-hari, hobi, atau tentang sesuatu yang mereka sukai. Jangan lupa, tunjukkan sikap hormat dan perhatikan bahasa tubuh mereka, apakah terlihat sudah lelah atau masih semangat bercerita.

Ilustrasi keluarga besar. shutterstock.com

Adapun komunikasi dengan saudara sebaya bisa lebih luwes. Anda bisa membuka pembicaraan tentang hobi, sekolah, kuliah, pekerjaan, atau informasi terkini sesuai kesukaan masing-masing. Percakapan dengan anggota keluarga yang seumuran juga lebih seru jika ditambah aktivitas foto bersama.

Satu yang tak kalah penting adalah perhatikan cara berkomunikasi yang baik agar tak timbul salah paham. "Beri perhatian penuh dan perhatikan gaya nonverbal lawan bicara. Ajukan pertanyaan terbuka dan hormati nilai yang dipegang lawan bicara," ucap Rena Masri.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."