Baby Margaretha Sempat Tersiksa dengan Kehamilannya, Ada Tipsnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Baby Margaretha merupakan model majalah pria dewasa yang menjadi perbincangan setelah menikah dengan seorang Bule Austria. Instagram.com

Baby Margaretha merupakan model majalah pria dewasa yang menjadi perbincangan setelah menikah dengan seorang Bule Austria. Instagram.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Baby Margaretha sedang hamil 6 bulan dari pernikahannya dengan pria berkebangsaan Austria, Christian Bradach. Baby mengatakan sempat merasa tersiksa di awal kehamilan.

"Enggak ngidam kok, cuma tersiksa sama mual aja. Berasa mau muntah tapi enggak bisa. Selalu begitu. Tapi masuk bulan ke-4 sudah aman," ucap Baby Margaretha. Namun tak hanya mual, kini Baby Margaretha merasakan kram pada bagian kaki, juga sakit punggung dan sakit pinggang. 

Artikel lainnya:

Beby Margaretha Nikah dengan Pria Austria, Tetap Setia ke Budaya

Tubuh Ibu Hamil Melengkung, Mesty Ariotedjo Jelaskan Sebabnya

Mengutip laman webmd, ada beberapa hal yang bisa dilakukan saat wanita mulai memasuki masa trimester kedua kehamilan. Selain tips nyaman, ada beberapa hal yang mungkin bisa dipersiapkan untuk menyambut kelahiran buah hati tercinta.

#Beli sepatu baru
Saat hamil, sudah pasti bentuk tubuh ikut berubah seiring dengan perkembangan usia kehamilan. Selain baju hamil, yang harus diperhatikan lagi ialah alas kaki. Pasalnya, alas kaki menentukan kenyamanan dalam melangkah sehari-hari. Disarankan membeli sepatu yang tidak terlalu tinggi dengan ukuran yang besar.

#Pijat
Hal ini dipercaya bisa memberikan keringanan untuk rasa sakit dan nyeri selama trimester kedua kehamilan. Melakukan pijatan juga dapat membuat Anda menjadi rileks dan bisa tidur lebih nyenyak. Disarankan melakukan pijatan pada pihak yang sudah ahli memijat ibu hamil.

#Babymoon
Saat memasuki trimester kedua, Anda bisa memanfaatkan waktu untuk berlibur bersama calon bayi atau yang lebih dikenal dengan istilah Babymoon. Bicaralah dengan pasangan mengenai rencana perjalanan.

#Konsultasi
Meskipun belum melahirkan, berkonsultasi dengan dokter pada trimester kedua kehamilan sangat perlu. Di sini Anda bisa menanyakan kepada dokter mengenai bagaimana nanti proses menyusui dan imunisasi. Selain kepada dokter, mungkin Anda bisa menanyakan kepada keluarga atau teman yang sudah berpengalaman mempunyai anak.

#Waspada
Saat mulai memasuki trimester kedua, ada beberapa wanita yang mengalami kontraksi hingga setiap 10 menit sekali, bahkan kurang. Di sini Anda harus waspada karena itu bisa saja tanda bahwa Anda mengalami persalinan prematur. Hubungi dokter segera.

Baca juga:

Kahiyang Ayu Hamil, Perhatikan Kebutuhan Gizi Ibu Hamil Muda

Vicky Shu Hamil, Berat Badan Naik 15 Kilogram

Baby Margaretha resmi menikah dengan pria asal Australia, Christian Bradach, pada 1 April 2018, di Bandung, Jawa Barat. Pernikahan tersebut digelar tepat pada hari ulang tahun Baby Margaretha. instagram.com

#Cegah sembelit
Untuk menghindari hal yang satu ini, minum cairan ekstra dan makan lebih banyak makanan berserat tinggi, seperti buah dan sayuran. Berolahraga selama 30 menit sehari juga dapat membantu. Jangan lupa minum vitamin dan asupan nutrisi tercukupi.

#Posisi nyaman
Berbeda pada awal-awal kehamilan, setelah memasuki trimester kedua, Anda harus mulai mengubah posisi baik duduk atau berdiri. Hal ini ampuh mengurangi stres pada punggung, seperti sakit dan nyeri. Pelajari tips postur lain untuk melindungi punggung selama kehamilan.

#Seks yang nyaman
Jika berhubungan seks sudah mulai tidak nyaman, coba diskusikan dengan suami untuk mencari posisi baru. Hal ini untuk mencapai kenyamanan dengan perut yang semakin membesar.

#Kecantikan kulit
Selain perubahan postur tubuh, saat hamil, kulit mengalami beberapa perubahan, seperti berminyak dan berjerawat. Untuk itu, cobalah menggunakan pembersih yang lembut dua kali sehari. Jangan menggosok area berjerawat karena hanya akan mengiritasi kulit. Sulit menghindari stretch mark, tapi Anda dapat meredakan kulit kering dengan memakai pelembap payudara, perut, pinggul, dan bokong tiga atau empat kali sehari.

#Ambil kelas
Untuk mempersiapkan kelahiran, Anda bisa mengambil kelas untuk ibu hamil atau kelas melahirkan. Ini akan menambah pengetahuan mengenai persiapan kelahiran dan apa yang harus dilakukan saat waktunya tiba.

#Rencanakan cuti
Jika Anda hamil dan tetap bekerja selama ini, cobalah mulai memikirkan soal cuti melahirkan.

#Buat perencanaan
Sebelum buah hati lahir, melakukan perencanaan sangat penting, mulai persiapan bayi, kamar, hingga nama anak Anda.

#Tetap aktif
Kondisi badan yang semakin besar tidak menjadi alasan buat bermalas-malasan. Pada masa trimester kedua, Anda disarankan tetap aktif. Hal ini juga bisa membantu Anda menghadapi persalinan nantinya.

TABLODIBINTANG | YATTI FEBRI NINGSIH

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."