Ternyata, Puasa Juga Bikin Awet Muda. Ini Kata Dokter

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi wanita cantik saat Lebara. shutterstock.com

Ilustrasi wanita cantik saat Lebara. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selain mendatangkan pahala, puasa memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Hal tersebut terungkap dalam diskusi kesehatan "Manfaat (lain) Di Balik Puasa" di KALCare Kuningan, Jakarta, pekan ini.

Hadir sebagai narasumber di antaranya dari Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia, Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP.

Baca: Tips Merawat Kulit agar Tak Kering Selama Puasa Ramadan

Ari menjelaskan dengan berpuasa tubuh terasa lebih segar, sehat. Rahasianya, saat berpuasa organ mengeluarkan toksin yang dihasilkan secara biokimia di tubuh.

"Manfaat lain puasa yakni terjadinya perubahan fisiologis dalam tubuh yang berpengaruh terhadap pencegahan penuaan dini (awet muda) hingga ke level sel," jelas Ari.

Kunci untuk mendapat manfaat lain puasa dengan menjaga lambung tetap nyaman saat belasan jam tidak makan dan minum.

Baca juga: Puasa tapi Berat Badan Malah Naik, Apa yang Salah?

Sejumlah penelitian di Barat mengukuhkan manfaat puasa sebagai salah satu metode mencegah penuaan dini. Akhir 2017, misalnya, sejumlah media mengutip penelitian dari Universitas Harvard, AS, yang menyebut puasa membuat tubuh awet muda pada tingkat sel, khususnya di mitokondria.

Mitokondria merupakan organel sel yang memecah karbohidrat dan asam lemak serta memberi energi untuk sel. Energi ini konon membuat sel-sel tubuh meremaja.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."