Resep Buka Puasa dengan Klepon Muncrat, Ada Tips Supaya Legit

Reporter: Cantika.com
Editor: Rini Kustiani
Rabu, 16 Mei 2018 17:30 WIB
Resep Buka Puasa dengan Klepon Muncrat, Ada Tips Supaya Legit

CANTIKA.COM, Jakarta - Besok adalah waktu buka puasa Ramadan pertama. Apakah kamu sudah merencanakan hidangannya? Jika kamu suka berbuka puasa dengan makanan yang manis namun tidak terlalu berat, jajan pasar bernama klepon bisa menjadi jawabannya.

Baca juga:
Niat Puasa Ramadan dan Hukum Mandi Sambut Ramadan
Tips Merawat Kulit agar Tak Kering Selama Puasa Ramadan

Praktisi kuliner dari Rempah Kita, Lily Setiadinata mengatakan salah satu unsur yang menentukan lezat tidaknya kue klepon adalah teksturnya. Jika terlalu kenyal, maka orang akan kesulitan mengunyahnya, namun jika terlalu kasar adonan bisa ambyar dan tidak menutup gula merah sebagai isiannya dengan sempurna.

Lily mengatakan, satu saat Menteri Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi Joop Ave menantang dia untuk membuat kue klepon yang lezat dan legit saat digigit. Lily kemudian mencoba berbagai cara supaya adonan kue kleponnya nikmat. "Dan saya sudah menemukan caranya, ini rahasianya," ucap Lily seraya menunjukkan kentang kukus yang sudah matang di acara Cookong Class and Afternoon Tea: Kelas Spesial Jajan Pasar di Gedung Tempo Jakarta, Jumat 11 Mei 2018.

Artikel lainnya:
Resep Buka Puasa Lezat Bergizi, Oatmeal Coffee Latte

Kentang kukus, menurut Lily akan membuat tekstur kue klepon menjadi lebih lembut dan pas di mulut. "Jangan memasukkan kentang kukus yang masih panas ke dalam adonan kue klepon," ucap dia. Ketika membuat kue klepon, tidak perlu juga menambahkan kapur sirih karena sudah menggunakan kentang kukus. Berikut ini resep membuat kue klepon dari Lily Setiadinata.

Klepon, jajanan pasar khas Yogyakarta dari olahan tepung beras berisi gula merah dibalut parutan kelapa yang masih bisa ditemui di berbagai pasar tradisional. TEMPO/Suryo Wibowo

Bahan utama:
- 250 gram tepung ketan
- 175 gram santan kental
- 75 gram kentang kukus

Bahan cair:
- air dari rendaman 2 lembar daun pandan untuk aroma
- air perasan dari 2 lembar daun suji untuk warna hijau alami
- 100 gram air putih

Bahan isi:
- 100 gram gula merah

Bumbu penyedap:
- 3 gram garam
- Vanilla sejumput (optional)

Pelengkap:
- 1 buah kelapa parut

Cara membuat:
- Campurkan bahan utama dengan perlahan.
- Setelah tercampur rata, masukkan bahan cair dan bumbupenyedap lalu aduk hingga kalis.
- Tutup adonan kue klepon dengan kain dan diamkan selama 20 sampai 30 menit.
- Bentuk adonan seperti bulatan kecil dan masukkan bahan isi secukupnya.
- Setelah menjadi bulatan-bulatan kecil, masukkan satu per satu ke dalam air yang sudah mendidih dan biarkan selama sekitar 15 menit. Lilly mengingatkan lebih bagus memasukkan klepon ke dalam air yang benar-benar mendidih atau bergejolak supaya kue klepon masak sempurna.
- Tiriskan kue klepon dari panci rebus dan tata di piring saji.
- Balurkan kue klepon di kelapa parut.

Lily Setiadinata menceritakan sebuah peristiwa tentang kue klepon yang terjadi di Istana Negara saat menerima tamu dari luar negeri. Saat jamuan makan malam, hidangan pencuci mulut yang disajikan adalah kue klepon. "Ketika makan kue klepon, ada yang memakannya dengan cara digigit. Muncratlah isi (gula merah) dari kue klepon itu dan mengotori bajunya," kata Lily.

Sesaat seisi ruangan hening. Namun tamu negara tersebut justru membuat orang-orang di sana tertawa karena mengatakan, "ternyata pakaian saya juga ingin mencicipi saking enaknya."

CANDRIKA RADITA PUTRI